Unggul FC Malang Kalahkan Tuan Rumah Moncongbulo, Modal Hadapi Blacksteel di Laga Penutup Putaran Pertama Liga Futsal Profesional 2023/2024

PALU, SURYAKABAR.com – Unggul FC Malang menambah raihan poin dalam lanjutan Liga Futsal Profesional Indonesia 2023/2024. Ini menyusul sukses Unggul FC mengalahkan tuan rumah Moncongbulo Muda, 5-4 di hari pertama pekan kedelapan di Gelora Bumi Kaktus (GBK) Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (20/1/2024).

Kini tim kebanggaan arek Malang itu mengumpulkan 19 poin dari 10 pertandingan. Hasil enam kali menang, satu kali seri dan tiga kali kalah.

Ini kemenangan pertama Unggul FC melawan tuan rumah di musim ini. Sebelumnya, Unggul FC dua kali menghadapi tuan rumah.

Hasilnya Unggul FC kalah 2-4 dari Bintang Timur Surabaya (BTS) di GOR Unesa Surabaya, 2 Desember 2023 dan takluk dengan skor sama 2-4 dari Kancil WHW Pontianak di GOR Pangsuma Pontianak, 6 Januari 2024.

Baca Juga:  Hasil Bigmatch Liga Futsal Profesional, BTS Kalahkan Blacksteel, BTS Perpanjang Rekor Tak Terkalahkan

Tampil di kandang lawan, Unggul FC kecolongan gol cepat saat laga baru bergulir satu menit. Gol pembuka Moncongbulo ini dicetak Fredik Dale. Tiga menit berselang G-Vin Blandino menyamakan kedudukan 1-1.

Unggul FC kembali ketinggalan gol. Ini menyusul lahirnya gol kedua Moncongbulo yang dicetak Ramdhan Jamaluddin menit 6.

Oscar Fernandez berhasil menyamakan kedudukan 2-2 menit 9 dari eksekusi tendangan penalti titik satu, setelah pemain Moncongbulo ada yang handsball di dalam circle.

Sebelum menutup babak pertama, Unggul FC menambah dua gol beruntun menit 15 yang dicetak Anton Cahyo disusul gol dari Andres Teran untuk mengakhiri babak pertama dengan skor 4-2.

Moncongbulo mencoba mengejar ketinggalannya di babak kedua lewat satu gol Hamdani Atto menit 22, tapi Oscar kembali membuat Unggul FC kembali memimpin 5-3 menit 30. Semenit sebelum laga bubar, Angga Yudistira mencetak gol penutup yang mengubah skor menjadi 5-4.

Baca Juga:  Fafage Banua Kalahkan Halus FC di Liga Futsal Profesional, Kemenangan jadi Modal Fafage Hadapi Bintang Timur Surabaya

Pelatih Unggul FC, Joao Almeida mengatakan, Moncongbulo merupakan tim berpengalaman. Empat gol yang tercipta ke gawang Unggul FC menjadi bukti, mereka menampilkan permainan futsal yang bagus, khususnya saat menyerang.

“Sebenarnya, hari ini bukan hari yang baik buat kami, karena kami gagal fokus di beberapa momen penguasaan bola, terutama saat bertahan. Tapi, setiap saat menyerang, kami bisa membahayakan, dan kami punya banyak peluang untuk mencetak gol lebih banyak lagi,” kata Joao.

Menurut pelatih asal Portugal itu, para pemain Unggul FC kerap melakukan kesalahan individual, seperti di laga-laga sebelumnya. Joao menilai hal itu bisa saja disebabkan usia pemainnya yang mayoritas masih muda dan minim pengalaman.

“Dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya akan kami perbaiki itu. Saya tahu pemain punya tanggung jawab, dan kapasitas untuk menjadi lebih baik. Tapi, kali ini kami bisa meraih kemenangan karena semangat kami. Kadang, semangat itu yang membuat perbedaan dan bisa menang,” sambungnya.

Baca Juga:  Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam, Peluang Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023 Terjaga, Ini Update Hasil Pertandingan Lengkap dan Klasemen Sementara

Kemenangan ini menjadi modal bagi Unggul FC untuk menutup putaran pertama menghadapi Blacksteel di venue yang sama, Minggu (21/1/2024). Joao Almeida bertekad meraih kemenangan berikutnya.

Sebelum ini, Unggul FC belum pernah meraih enam poin dengan memenangi dua laga beruntun di pekan yang sama. Paling bagus, Unggul FC membawa pulang empat poin.

Menurut Joao Almeida, tim asal Papua itu memiliki karakteristik permainan yang berbeda dengan Moncongbulo FC.

Mantan pelatih Timnas Futsal Bahrain itu menyebut Blacksteel adalah tim yang punya target untuk memenangkan liga musim ini. Mereka pasti akan bertarung untuk memenangkannya.

“Mereka punya tim yang kuat, pemainnya sudah lama bermain bersama selama bertahun-tahun, tiga pemain asingnya yang bisa menjadi pembeda, pelatihnya juga bagus,” ujarnya.

Joao menegaskan, skuadnya harus fokus, karena tahu Blacksteel bermain sangat bagus dengan kekuatan yang dimiliki. Menurutnya, mereka juga punya kekuatan untuk mengeksplorasi di sisi sayap.

“Kami harus punya pertahanan tangguh. Kami harus bermain sempurna, dan memanfaatkan kesalahan yang mereka perbuat, karena mereka salah satu tim terbaik di Indonesia sejak lama. Kami akan mencoba yang terbaik,” ujarnya.

Unggul FC patut waspada kebangkitan Blacksteel. Mereka dalam tiga laga terakhir tidak pernah menang. Hanya satu kali seri dan dua kali kalah. Bahkan, Sabtu (20/1/2024) Blacksteel dibekuk BTS 2-4.

Saat ini Blacksteel berada di peringkat 4 klasemen sementara mengoleksi 20 poin. Posisinya satu strip di atas Unggul FC. Itu sebabnya, jika Unggul FC mampu mengalahkan Blacksteel, maka posisi Unggul FC di akhir putaran pertama bisa tembus empat besar.

“Kami sekarang berada di ujung putaran pertama liga musim ini. Kami ingin meraih lebih dari 19 poin. Tapi, saya pikir itu butuh usaha ekstra jika ingin mendapatkannya,” pungkasnya. (es)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *