Piala Asia 2023
Australia Tim Kedua Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Kalahkan Syria 1-0

SURYAKABAR.com – Timnas Australia menjadi tim kedua yang lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, setelah di matchday kedua Grup B Australia menang tipis 1-0 atas Syria di Stadion Jassim bin Hamad Al Rayyan Qatar, Kamis (18/1/2024). Tim pertama lolos ke 16 Besar yakni tuan rumah Qatar. 

Ini merupakan kemenangan kedua Australia. Pada matchday pertama Australia menang 2-0 atas India. Sukses sapu bersih kemenangan itu menempatkan Australia di puncak klasemen sementara mengumpulkan enam poin.

Australia memiliki satu sisa laga di babak penyisihan melawan Uzbekistan, Selasa (23/1/2024). Apapun hasil pertandingan itu sudah tidak berpengaruh lagi bagi Australia lolos ke 16 Besar.

Baca Juga:  Qatar Tim Pertama Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, setelah Kalahkan Tajikistan, Ini Update Klasemen dan Hasil Pertandingan

Syria yang pada laga pertama bermain imbang 1-1 menghadapi Uzbekistan, ngotot memburu kemenangan di laga kedua ini.

Syria menemui kesulitan, namun Australia sendiri juga menemui kebuntuan menjebol gawang Syria. Pemain berusia 30 tahun, Jackson Alexander Irvine memecah kebuntuan bagi Australia menit 59, setelah cocorannya dalam kemelut di mulut gawang Syria menjebol gawang kiper Ahmad Madanieh.

Baca Juga:  Arab Saudi Kalahkan Oman, Gol Penentu Kemenangan di Injury Time, Ini Klasemen, Hasil dan Jadwal Pertandingan
Baca Juga:  Thailand Kalahkan Kyrgyzstan di Piala Asia 2023, Dua Gol Kemenangan Thailand Lahir dari Bola Rebound

Usai lahirnya gol ini, Australia cenderung bermain safe. Tim asuhan Graham Arnold itu menurunkan tempo permainan dan lebih banyak memainkan bola dengan umpan-umpan pendek.

Begitu mendapat tekanan, baru melepas umpan panjang jauh ke daerah permainan Syria. Strategi itu cukup jitu untuk mengamankan keunggulan 1-0 yang bertahan hingga laga usai.

Australia tercatat pernah merebut juara pada Piala Asia 2015. Waktu itu di laga final Australia menang 2-1 atas Korea Selatan lewat perpanjangan waktu. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *