Usai Direnovasi Perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo Koleksi Buku Makin Lengkap dan Ruangan Lebih Nyaman

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Bertepatan dengan Milad ke-48, SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo meresmikan perpustakaan baru usai direnovasi. Koleksi buku jauh lebih lengkap dengan ruangan lebih nyaman dibanding perpustakaan sebelumnya.

Begitu masuk, di kanan ruang terdapat belasan komputer dan ruang pertemuan. Sedangkan di sisi kiri, pengelola menyediakan tempat baca lesehan dan rumput sintetis. Para murid dan guru yang berkunjung bisa membaca dengan suasana menyenangkan.

Kepala Perpustakaan Smamda, Wigatiningsih mengatakan, perpustakaan baru ini merupakan jawaban atas penelitian menurunnya daya literasi di semua elemen yang meliputi guru, siswa maupun warga di semua sekolah.

Baca Juga:  99 Guru SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Studi Banding ke Smamda Sidoarjo Intip Implementasi Kurikulum Merdeka

“Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas literasi para murid, maka perpustakaan Smamda kami renovasi, tidak hanya fisik saja, namun juga sisi kontennya,” tutur mantan kepala sekolah Smamda ini, Sabtu (13/1/2024) siang.

Ia menambahkan, sejatinya sejak 2017 perpustakaan Smamda sudah terakreditasi A, namun dengan wajah baru usai renovasi, dirinya mengajukan reakreditasi ulang.

Baca Juga:  74 Siswa SMP Muhammadiyah 5 Surabaya Doa Bersama untuk Keselamatan Bangsa
Baca Juga:  Ribuan Pelajar SD Muhammadiyah 11 Surabaya dan TK di Sekitar Krembangan Surabaya Gelar Aksi Peduli Tuntut Kebebasan Nasib Anak Palestina

“Saat ini kami menyediakan perpustakaan digital dan manual. Buku fisiknya lebih dari 12 ribu buah dengan 8 ribu judul buku. Kita juga bekerjasama dengan perpustakaan Jatim dan lembaga perpustakaan PWMU Jatim yang membantu agar kita bisa mengakses buku digital secara online,” terangnya.

Wigatiningsih melanjutkan, di perpustakaan baru ini, para murid bisa menjalani proses belajar mengajar dengan suasana yang mengasyikkan.

“Kami menyediakan tempat baca lesehan, rumput sintetis serta duduk dengan sarana komputer untuk mengakses buku digital,” jelasnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *