Kemenkumhan Jatim Jajaki Buka Pelayanan Imigrasi di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Pasuruan

PASURUAN, SURYAKABAR.com – Kanwil Kemenkumhan Jatim terus berupaya mendekatkan pelayanan keimigrasian ke masyarakat. Salah satunya dengan rencana membuka pelayanan keimigrasian di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Pasuruan.

“Di daerah Pasuruan memang belum pernah ada kantor atau unit pelayanan keimigrasian,” tutur Kakanwil Kemenkumhan Jatim Heni Yuwono, Kamis (11/1/2024).

Kantor imigrasi terdekat, lanjut Heni, berada di Kota Malang (Kantor Imigrasi Kelas I Malang) atau Kabupaten Sidoarjo (Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya). Sehingga, jarak yang ditempuh warga Pasuruan cukup jauh.

“Sebelumnya kami juga membuka unit pelayanan paspor dan unit kerja kantor imigrasi di Kabupaten dan Kota Probolinggo, tapi selama ini hanya sudah penuh untuk masyarakat Probolinggo saja,” terang Heni.

Baca Juga:  Sosialisasikan Pindah Pilih, Tiga Mahasiswa Universitas Brawijaya Buat Buku Saku Digital

Diharapkan, masyarakat di daerah Kabupaten dan Kota Pasuruan bisa semakin mudah dalam memanfaatkan pelayanan keimigrasian. Terutama pelayanan penerbitan atau penggantian paspor baru.

“Kami melihat animo masyarakat Pasuruan cukup tinggi, dan berupaya merespons dengan hadir lebih dekat,” jelas Heni.

Salah satu langkah konkrit adalah saat Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Galih Priya Kartika Perdhana bersilaturahmi ke Pemkab Pasuruan, Kamis (11/1/2024). Dia diterima langsung Sekretaris Daerah Pemkab Pasuruan Yudha Triwidya Sasongko.

Baca Juga:  Bandara Juanda Dirikan Posko Terpadu Selama 16 Hari pada Libur Nataru
Baca Juga:  Mobil Balap Listrik Sancaka Untag Surabaya Mampu Melaju hingga 80 Km/Jam

Galih menyebutkan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang memiliki semangat yang sama akan dibukanya layanan keimigrasian pada MPP Kabupaten Pasuruan. Menurutnya, langkah kolaboratif ini akan menimbulkan tanggapan positif bagi proses pelayanan publik di Kabupaten Pasuruan.

“Tentunya masyarakat akan semakin terbantu dan pasti akan senang karena pelayanan publik di Kabupaten Pasuruan akan semakin lengkap,” terang Galih.

Galih juga menyempatkan untuk meninjau lokasi layanan keimigrasian pada MPP Kabupaten Pasuruan. Dalam peninjuan tersebut terlihat, infrasturuktur dan fasilitas yang ada di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Pasuruan sudah lengkap dan siap.

“Hal ini tentu menambah semangat dan keinginan untuk lebih cepat merealisasikan hadirnya pelayanan keimigrasian di Kabupaten Pasuruan dan sekitarnya,” tutup Galih. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *