KAI Daop 8 Surabaya Catat 5,4 Juta Penumpang Naik Kereta Api selama 2023

SURABAYA, SURYAKABAR.com – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (KAI Daop) 8 Surabaya mencatat 5.482.292 penumpang menggunakan jasa kereta api selama 2023. Jumlah tersebut meningkat 32 persen dibandingkan jumlah penumpang pada 2022 lalu yang tercatat 4.150.266 penumpang.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada para pelanggan yang telah memilih moda transportasi kereta api dalam melakukan mobilitas sehari-hari,” ujar Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, melalui keterangannya di Surabaya, Senin (8/1/2024).

Daop 8 Surabaya juga mencatat, selama periode Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 telah melayani 386.909 penumpang atau 20 persen lebih tinggi dari periode sebelumnya, yang tercatat sebanyak 323.306 penumpang.

Baca Juga:  Penumpang Kereta Api Periode Nataru 2023/24 Meningkat 27 Persen, KAI Berkomitmen Terhadap Keselamatan

“Puncak volume tertinggi pada libur perayaan Natal 2023 terjadi pada Sabtu, 23 Desember 2023 yang tercatat sebanyak 28.872 pelanggan,” ungkapnya.

Puncak volume pada libur menjelang Tahun Baru 2024 terjadi, Minggu (31/12/2023) dengan 20.507 penumpang berangkat dari Daop 8 Surabaya.

Luqman menjelaskan, tujuan para penumpang dari Daop 8 Surabaya tersebut, yakni KA jarak jauh ke semua kota di Pulau Jawa, seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Jember, dan Banyuwangi.

Baca Juga:  Dirjen Kemendag dan Bupati Gus Muhdlor Lepas Ekspor Perdana Produk PT Wahana Kosmetika Indonesia ke Malaysia
Baca Juga:  Profesor ITS Teliti Obat Baru Antikanker dari Spons Laut

Selain mencatatkan peningkatan pengguna kereta api, dalam jangka waktu setahun pihaknya juga menghadirkan berbagai inovasi dalam peningkatan pelayanan pelanggan. Seperti pengoperasian KA baru, percepatan waktu tempuh perjalanan KA jarak jauh, Face Recognition Boarding Gate, dan air minum gratis bagi pelanggan.

“Selain itu, menghadirkan kereta suite class compartment, kereta Panoramic, dan yang terbaru yakni ruang Luxury Lounge di Surabaya Gubeng,” jelasnya.

Tak hanya itu, KAI Daop 8 Surabaya juga mengoperasikan sebanyak 44 KA jarak jauh reguler dan 12 KA fakultatif. “Ke depan, KAI akan terus menghadirkan berbagai kemudahan layanan kepada pelanggan baik saat di stasiun maupun di atas KA,” terangnya.

Luqman mengakui, transportasi kereta api memiliki berbagai keunggulan dibandingkan moda transportasi lain, seperti bebas kemacetan, keamanan, kenyamanan, hingga ketepatan waktu.

“KAI berkomitmen untuk selalu mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan para pelanggan dengan melakukan berbagai inovasi terbaru demi kepuasan para pelanggan,” pungkas Luqman. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *