KAI Commuter Daop 8 Operasikan 60 Perjalanan selama Libur Nataru

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter mengoperasikan 60 perjalanan Commuter Line setiap hari selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di wilayah Daop 8 Surabaya. Sebanyak 449 petugas pengamanan di atas kereta maupun di area stasiun juga disiagakan selama libur Nataru.

Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, mengatakan masa angkutan Nataru di Daop 8 Surabaya berlaku mulai 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Dari 60 perjalanan Commuter Line yang dioperasikan setiap hari tersebut, di antaranya terdapat tiga trainset Kereta Rel Diesel (KRD) dan sembilan rangkaian kereta ekonomi untuk tujuan Surabaya, Malang, Blitar, Kertosono, Cepu, Sidoarjo, dan sekitarnya.

Baca Juga:  KAI Layani 183 Ribu Penumpang Kereta Api Pada Puncak Libur Natal 2023, Jumat 22 Desember 2023

“KAI Commuter melakukan persiapan di berbagai aspek demi kelancaran dan kesuksesan masa angkutan Nataru tahun ini. Kami siap melayani masyarakat dengan fokus terhadap keselamatan, keamanan dan pelayanan untuk menjadi solusi ekosistem transportasi urban bagi masyarakat yang akan merayakan libur Nataru,” ujar Anne melalui keterangan tertulisnya di Surabaya, Minggu (24/12/2023).

Sementara, untuk pelayanan dan keamanan selama masa angkutan Nataru, KAI Commuter menyiagakan 449 petugas, yang terdiri atas 156 petugas pelayanan dan 293 petugas pengamanan di atas kereta maupun di area stasiun.

“Selama 18 hari masa angkutan Nataru tahun ini, KAI Commuter menyiapkan kapasitas angkut penumpang sebanyak 42.348 penumpang per hari atau total sebanyak 762.264 penumpang,” ungkapnya.

KAI Commuter memprediksi volume penumpang di wilayah Daop 8 Surabaya selama masa Nataru tahun ini mencapai 856 ribu penumpang.

Baca Juga:  Unair Siap Wujudkan Surabaya Sehat dan Kawasan Tanpa Rokok
Baca Juga:  Futsal Putri Surya Kabar FC Juara di Magelang

“Angka tersebut meningkat sekitar tujuh persen jika dibandingkan pada tahun lalu sebanyak 800 ribu orang,” terangnya.

Berikut jumlah perjalanan Commuter Line yang beroperasi di wilayah Daop 8 Surabaya setiap hari. Commuter Line Dhoho tujuan Surabaya-Kertosono-Blitar sebanyak 14 perjalanan.

Commuter Line Penataran tujuan Surabaya-Malang-Bitar sebanyak 8 perjalanan, dan Commuter Line Tumapel tujuan Surabaya-Malang sebanyak 2 perjalanan.

Selain itu, Commuter Line Blorasura tujuan Surabaya Pasar Turi-Cepu sebanyak 4 perjalanan, Commuter Line Arjonegoro tujuan Sidoarjo-Surabaya Pasar Turi-Babat-Bojonegoro sebanyak 10 perjalanan, dan Commuter Line Jenggala tujuan Surabaya-Mojokerto-Sidoarjo sebanyak 6 perjalanan.

“Selanjutnya, Commuter Line Sindro tujuan Indro-Sidoarjo sebanyak 8 perjalanan, dan Commuter Line Supas tujuan Surabaya-Pasuruan sebanyak 8 perjalanan,” pungkas Anne. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *