Bambang Pramujati Terpilih sebagai Rektor ITS 2024-2029

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD IPU AEng, terpilih sebagai Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya periode 2024-2029 berdasarkan hasil rapat pleno Majelis Wali Amanat (MWA) ITS.

“Keputusan ini diambil berdasarkan pemungutan suara MWA ITS terhadap tiga calon rektor yang telah tersaring sebelumnya di tingkat Senat Akademik ITS,” ujar Ketua MWA ITS Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA, melalui keterangan tertulisnya di Surabaya, Jumat (22/12/2023).

Mantan Menkominfo RI itu mengatakan, total 23 hak suara tersebut turut mencakup suara Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI.

Baca Juga:  Pembelajaran Berbasis Digital ITS Raih Penghargaan dari UNESCO

Melalui tahap ini, Bambang Pramujati yang berasal dari Departemen Teknik Mesin memperoleh 15 suara, Agus Muhammad Hatta dari Departemen Teknik Fisika sebanyak 6 suara, dan Machsus dari Departemen Teknik Infrastruktur Sipil mendapat 1 suara.

Meski keputusan akhir diambil melalui pemungutan suara, Mendikbud RI tahun 2009-2014 itu mengakui, hasil yang didapatkan tetap selaras dengan mufakat atas harapan untuk memajukan ITS.

“Setiap tahapan proses dalam ajang demokrasi ITS ini telah berjalan sesuai asas pemilihan rektor. Mulai dari kebersamaan, transparansi dan akuntabel, meritokrasi, hingga musyawarah untuk mufakat,” ungkapnya.

M Nuh menjelaskan, dalam setiap proses yang berjalan seluruh calon rektor telah menunjukkan kegigihan untuk melanjutkan dan terus meningkatkan kualitas ITS.

Baca Juga:  Menaker Ida Fauziyah Ungkap Tingkat Pengangguran di Indonesia Turun Jadi 5,32 Persen
Baca Juga:  KAI Layani 183 Ribu Penumpang Kereta Api Pada Puncak Libur Natal 2023, Jumat 22 Desember 2023

Menurut Nuh, berbagai inovasi yang diusung memiliki andil untuk mencapai kemandirian finansial ITS. “Tentunya, seluruhnya akhirnya bermuara pada visi bersama untuk mewujudkan ITS sebagai tonggak menuju Indonesia Emas 2045,” terangnya.

M Nuh merinci serangkaian tahap pemilihan rektor yang telah dimulai sejak Agustus 2023. Adapun rangkaian tersebut dimulai dari sosialisasi, kemudian tahap penjaringan aspirasi 20 pendaftar bakal calon rektor, penyaringan lima bakal calon rektor, penyaringan tiga calon rektor, hingga pemungutan akhir rektor terpilih.

Dalam seluruh tahapan ini, Nuh mengapresiasi partisipasi dan antusiasme sivitas akademika ITS yang turut menjadi faktor kunci keberhasilan pemilihan rektor ITS periode ini.

Rektor ITS yang terpilih nantinya akan mulai melaksanakan tugasnya April 2024 mendatang. Nuh berharap regenerasi ITS ini akan terus berjalan dengan baik.

Guru Besar Teknik Biomedik ITS ini meyakini, realisasi regenerasi tersebut akan menjadi jalan untuk menuju ITS yang lebih baik lagi. “Tentunya, untuk kemajuan ITS dan kemajuan bangsa Indonesia,” pungkas Nuh. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *