Chelsea Singkirkan Newcastle Lewat Adu Tendangan Penalti, Chelsea Lolos ke Semifinal Piala Liga Inggris

SURYAKABAR.com – Chelsea memastikan lolos ke semifinal Piala Liga Inggris atau Carabao Cup 2023/2024 dengan menyingkirkan Newcastle United, setelah pada laga perempat final Chelsea menang 4-2 (1-1) lewat drama adu tendangan penalti di Stamford Brigde, Rabu (20/12/2023) dinihari WIB.

Tampil di kandang sendiri, The Blues Chelsea dikejutkan dengan gol Callum Wilson menit 16. Tendangan Callum Wilson yang mengarah ke sudut kiri bawah gawang gagal dibendung kiper Djordje Petrovic.

Memainkan skema 4-2-3-1 dengan menempatkan Nicolas Jackson sebagai ujung tombak didukung tiga pemain di belakangnya, Cole Palmer, Enzo Fernandez dan Raheem Sterling, Chelsea mendominasi permainan.

Penguasaan bola tim asuhan Mauricio Pochettino hingga 78 persen, sementara The Magpies Newcastle hanya 22 persen. Namun, serangan Chelsea kesulitan menjebol gawang Newcastle.

Baca Juga:  Jadwal Perempat Final Piala Liga Inggris, Bigmatch Chelsea Vs Newcastle dan Liverpool Vs West Ham

Upaya menyamakan kedudukan dilakukan Pochettino dengan merotasi pemain. Lima kali Pochettino mengganti pemain.

Diawali menarik keluar lapangan Enzo Fernandez menit 32 digantikan Armando Broja, disusul mengganti Levi Colwill dengan memasukkan Malo Gusto di awal babak kedua.

Setelah itu tiga pergantian pemain kembali dilakukan. Striker Nicolas Jackson diganti Christopher Nkunku menit 69.

Ini menjadi debut bagi Christopher Nkunku yang bergabung dengan Chelsea Juli 2023 dari RB Leipzig. Pemain asal Perancis ini sudah memperkuat Chelsea pada pra musim lalu, namun harus menepi karena cedera lutut.

Baca Juga:  Ini Pembagian Grup 12 Besar Liga 2 2023/2024, Persela dan Deltras kembali Satu Grup

Pergantian berikutnya terjadi menit 78. Dua pemain sekaligus dimasukkan Ian Maatsen dan Mykhallo Mudryk untuk menggantikan Axel Disasi dan Raheem Sterling.

Serangan bertubi-tubi Chelsea akhirnya menjebol gawang Newcastle lewat pemain pengganti Mykhallo Mudryk menit 90+2. Skor imbang 1-1 bertahan hingga waktu pertandingan normal berakhir.

Untuk mencari pemenangan dilakukan adu tendangan penalti. Empat eksekutor pemain Chelsea Cole Palmer, Conor Gallagher, Christopher Nkunku dan Mykhallo Mudryk berhasil menjebol gawang Newcastle.

Sementara eksekutor pemain Newcastle hanya dua pemain yang berhasil mencetak gol yakni penendang pertama Callum Wilson dan penendang ketiga Bruno Guimaraes. Dua penendang lainnya, Kieran Trippier (penendang kedua) dan Mat Ritchie (penendang keempat) gagal.

Baca Juga:  Hasil Drawing 16 Besar Liga Champions 2023/2024, Diwarnai Dua Laga Tim La Liga Spanyol Kontra Tim Serie A Italia

Sejauh ini Newcastle belum pernah merebut juara Piala Liga Inggris. Prestasi tertinggi yakni merebut runner up pada 1976 dan 2023. Musim lalu mereka gagal merebut juara, setelah di final kalah 0-2 dari Manchester United.

Sebaliknya prestasi Chelsea di Piala Liga Inggris lebih mentereng dibanding Newcastle. Chelsea lima kali merebut juara yakni 1965, 1998, 2005, 2007 dan 2015 serta empat kali finis sebagai runner up pada 1972, 2008, 2019 dan 2022.

Sementara pada laga perempat final lainnya, Middlesbrough memetik kemenangan 3-0 atas Port Vale dan Fulham menang adu tendangan penalti 7-6 (1-1) atas Everton.

Perempat final menyisakan satu laga Liverpool meladeni West Ham, Kamis (21/12/2023) dinihari WIB. Saat ini posisi Liverpool di klasemen sementara Premier League menempati peringkat kedua, sedang West Ham berada di posisi delapan. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *