Asprov PSSI Jatim Tetapkan Tujuh Tuan Rumah Babak 28 Besar Liga 3 PSSI Jatim 2023/2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim 2023 telah memasuki babak 28 besar. Dari total 12 tim yang mengajukan diri, Asprov PSSI Jatim memilih 7 tim menjadi tuan rumah di fase ini.

Pemilihan tuan rumah tersebut diputuskan pada rapat Bidang Kompetisi di Sekretariat PSSI Jatim, Rabu (20/12/2023).

Ketujuh tuan rumah ini meliputi Banyuwangi Putra dengan homebase Stadion Diponegoro, Banyuwangi, Persid Jember (Stadion Jember Sport Garden, Jember), PSIL Lumajang (Stadion Semeru, Lumajang), Persiga Trenggalek (Stadion Minak Sopal, Trenggalek), Persedikab Kediri (Stadion Canda Bhirawa Pare), Perssu Sumenep (Stadion A Yani Sumenep), dan Persibo Bojonegoro (Stadion Letjen H. Soedirman Bojonegoro).

“Pemilihan tujuh tuan rumah ini dengan pertimbangan proporsional dan profesional. Tidak ada tendensi apa pun. Murni karena alasan teknis terkait fasilitas stadion dengan standar sesuai Perpol. Serta adanya satu kota yang memiliki dua tim. Kami menghindari penumpukan dua tim dari kota yang sama,” jelas Joko Tetuko, Sekretaris PSSI Jatim.

Baca Juga:  Chelsea Singkirkan Newcastle Lewat Adu Tendangan Penalti, Chelsea Lolos ke Semifinal Piala Liga Inggris

Selain alasan itu, PSSI Jatim menghindari adanya penumpukan dua tim dari kota yang sama dalam satu grup. Supaya kepolisian di daerah tertentu juga tidak bekerja ekstra. Sebab, kata Joko, jika sampai ada dua tim dari satu kota, otomatis kepolisian setempat bakal bekerja untuk pengamanan setiap hari.

Khusus Banyuwangi, ada grup yang akan bermain di stadion yang sama. Selain Banyuwangi Putra, juga ada Persewangi Banyuwangi. Meski pada babak sebelumnya, suporter Banyuwangi dihukum Komdis karena tidak sportif. Tapi pelanggaran yang mereka lakukan bukan kategori fatal.

Baca Juga:  Ini Pembagian Grup 12 Besar Liga 2 2023/2024, Persela dan Deltras kembali Satu Grup
Baca Juga:  Hasil Drawing 16 Besar Liga Champions 2023/2024, Diwarnai Dua Laga Tim La Liga Spanyol Kontra Tim Serie A Italia

Asprov PSSI Jatim berharap, dengan kembali memberi kepercayaan kepada mereka, akan menjadi lecutan untuk memperbaiki kesalahan mereka sebelumnya.

“Itu akan melelahkan bagi kepolisian. Karena, mereka bisa melakukan pengamanan setiap hari jika sampai ada dua tim dari kota yang sama,” ujar Joko.

Faktor lainnya adalah jumlah penonton di babak sebelumya. penyebaran wilayah timur sampai ke barat, juga sponsor, dan sportivitas pendukung.

“Secara politis, kami memang agak menghindari perkotaan, karena di tahun politik ini, perkotaan kerap dijadikan tempat untuk agenda politik,” ujar Joko.

Babak 28 besar Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim akan diputar pada Januari, tepatnya tanggal 7, 9 dan 11 Januari 2024 mendatang. (es)

TUAN RUMAH BABAK 28 BESAR LIGA 3 PSSI JATIM
1. Stadion Diponegoro Banyuwangi
2. Stadion Jember Sport Garden Jember
3. Stadion Semeru Lumajang
4. Stadion Minak Sopal Trenggalek
5. Stadion Canda Bhirawa Pare
6. Stadion A Yani Sumenep
7. Stadion Letjen H Soedirman Bojonegoro

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *