KPU Jatim Pastikan Logistik Pemilu 2024 Siap Didistribusikan

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) memastikan seluruh logistik Pemilu dan Pilpres 2024 sudah siap 100 persen pada Januari 2024 mendatang.

Logistik Pemilu 2024 tersebut akan didistribusikan ke 38 Kabupaten/Kota sebelum pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024.

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam, mengatakan seluruh tahapan dan proses pengadaan dan distribusi logistik Pemilu 2024, meliputi alat kelengkapan dan komponen pendukung, telah berjalan lancar, kecuali kertas suara. Mulai dari kotak suara, bilik suara, tinta suara, segel dan alat coblos.

“Saat ini, sejumlah logistik, seperti alat tulis, bantalan dan paku coblosan sudah disiapkan di gudang-gudang yang disiapkan KPU Jatim. Semuanya seratus persen telah berada di gudang-gudang logistik Kabupaten dan Kota. Yang belum kertas suara,” ujar Choirul Anam usai menghadiri Media Gathering KPU Jatim di Surabaya, Senin (18/12/2023).

Baca Juga:  KPU Jatim Minta ASN dan PPNPN Jaga Netralitas dan Integritas Pemilu 2024

Menurut Anam, proses produksinya baru bisa dimulai, karena Daftar Calon Tetap (DCT) nya baru clear. Meski demikian, kertas suara untuk DPD sudah mulai proses distribusi.

Logistik Pemilu 2024 tersebut akan didistribusikan ke 38 Kabupaten dan Kota sebelum pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024.

“Targetnya pertengahan Januari 2024 sudah terdistribusi ke seluruh Gudang KPU Kabupaten dan Kota, mengingat masih dibutuhkan proses sortir dan lipat,” jelasnya.

Baca Juga:  KPU Jatim Gandeng Unesa Tingkatkan Partisipasi Pemilih Mahasiswa
Baca Juga:  Hasil Drawing 16 Besar Liga Champions 2023/2024, Diwarnai Dua Laga Tim La Liga Spanyol Kontra Tim Serie A Italia

Anam menjelaskan, dalam proses tahapannya, KPU Jatim tetap melakukan cek dan ricek untuk barang logistik secara real time melalui SILOK KPU. Sebab, semua barang telah terinventarisir sistem barcode.

“Jadi, ketika perusahaan melakukan produksi akan melaporkan secara realtime. Demikian juga saat melakukan pengiriman. Semua akan terlaporkan (terekam) melalui SILOK KPU,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, mengingatkan media massa melakukan fungsi pemberitaan yang berimbang. Karena itu, media massa memberikan porsi yang sama pada semua peserta Pemilu.

“Bahwa Ketua KPU sebagai representatif resmi baik internal atau eksternal. Tugas anggota KPU memberikan informasi sesuai posisi kewenangan anggota KPU,” terangnya.

Acara yang dikemas dalam bentuk sosialisasi ketentuan pelaksanaan metode kampanye rapat umum dan iklan serta pemberitaan dan penyiaran kampanye pada Pemilu 2024 tersebut, dihadiri sekitar 80 wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *