Ratusan Pemancing Antusias Ikuti Lomba Fun Fishing di Sungai Desa Ngampelsari Kecamatan Candi

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Ratusan pemancing antusias mengikuti Lomba Mancing Bahagia (Fun Fishing), di Perumahan Taman Candiloka, RT 9 RW V, Desa Ngampelsari, Kecamatan Candi, Sidoarjo yang disupport suryakabar.com, Minggu (17/12/2023).

Sesuai namanya, Fun Fishing, banyak pemancing yang mengajak anggota keluarganya. Mereka tampak gembira karena hari ini tidak perlu jauh-jauh memancing ke tambak, namun cukup di Sungai Desa Ngampelsari.

Ketua RW V, Desa Ngampelsari, Seno Purwantomo mengatakan, Fun Fishing ini diadakan salah satunya sebagai sarana keguyuban warga.

“Bulan Nopember 2023 kemarin, sungai di Timur perumahan kami dikeruk. Nah, warga kemudian punya ide menggelar lomba mancing bertema Fun Fishing ini,” tuturnya.

Baca Juga:  Jadi Agenda Rutin, Masjid Al Amin Ngampelsari Candi Sidoarjo Berbagi Paket Sayur setelah Kajian

Ia menambahkan, sebelum dikeruk, sungai setempat terdapat banyak tumbuhan air eceng gondok. “Nah, setelah bersih, kami melihat potensi wisata kemudian muncul ide ini. Kebetulan warga kami banyak juga yang punya hobi memancing. Kami sangat berharap, ke depan, warga aktif menjaga kebersihan sungai salah satunya tidak membuang sampah di sana,” imbuhnya.

Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Pemkab Sidoarjo getol mengeruk sungai, khususnya yang mengalami pendangkalan. Tidak hanya di wilayah pusat kota saja, namun di semua wilayah di 18 kecamatan. Pengerukan sebelum musim hujan ini dilakukan sebagai antisipasi terjadinya banjir.

Senada dengan Seno, Ketua RT 9 RW V, Baut Sukaryono mengatakan, Fun Fishing ini digelar sebagai sarana menambah keguyuban warga.

“Ini merupakan lomba mancing pertama di perumahan kami. Di sini Karang Taruna juga kita libatkan sebagai panitia,” ucap Baut.

Ia juga berharap, warga tidak buang sampah di sungai, karena menurutnya, saat ini kebersihan menjadi kebutuhan semua orang.

Baca Juga:  Karang Taruna RW 05 Desa Ngampelsari Kecamatan Candi Sidoarjo Gelar Lomba Cinematic untuk Peringati HUT Kemerdekaan RI
Baca Juga:  Mancing Mania se-Jawa Timur Ikuti Lomba Mancing di Tlocor Jabon Sidoarjo

Sementara itu Ketua Panitia Fun Fishing, Julius Andre menjelaskan, ratusan peserta Fun Fishing tidak hanya diikuti warga Desa Ngampelsari saja.

“Banyak warga Perumahan Taman Candiloka merupakan pemancing mania. Nah, mereka mempunyai grup sehobi yang ikut lomba di sini,” katanya.

Ia menambahkan, panitia memasukkan 500 kilogram ikan lele konsumsi dan 100 kilogram ikan lele master. “Kalau mata kail mereka mendapat lele di bawah satu kilogram, boleh dibawa pulang. Namun bila berat ikan lebih satu kilogram maka harus dilepas kembali,” terangnya.

Julius Andre melanjutkan, Fun Fishing ini dibagi dalam 3 sesi. “Lele masternya ada yang beratnya hampir tiga kilogram. Kami menyediakan hadiah uang untuk para pemenang,” imbuhnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *