Unesa Borong Sembilan Medali dalam Anugerah Diktiristek 2023

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuktikan kualitasnya sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Dalam Anugerah Diktiristek 2023, Unesa sukses memborong sembilan medali.

Prestasi membanggakan ini tidak hanya menegaskan mutu dan keunggulan di tingkat nasional, namun juga membuktikan kualitas Unesa yang mampu bersaing dengan kampus negeri PTN-BH lainnya di Indonesia.

“Kami rutin mendapatkan penghargaan Diktiristek. Terakhir, tahun kemarin dapat 10 medali. Namun, itu Unesa masih PTN-BLU. Nah, sekarang sudah jadi PTN-BH dan lawannya kampus ‘gajah-gajah’. Di luar dugaan, kami dapat lagi,” ujar Rektor Unesa Prof Nurhasan, Kamis (14/12/2023).

Adapun sembilan medali itu yakni 4 emas, 3 perak dan 2 perunggu yang diperoleh pada berbagai sub-kategori. Penghargaan ini sebagai wujud komitmen, kerja keras, dan kerja ikhlas seluruh jajaran terkait.

Baca Juga:  Unesa Raih Juara Umum PPG Nasional, Kado Hari Guru Nasional 2023

Artinya, dari aspek lembaga dan tata kelola sistem di dalamnya, Unesa baik untuk bidang kerja sama, akademik, layanan publik dan kehumasan diakui secara nasional oleh Kementerian. Pun dari aspek personal kompetensi dan inovasi dosen Unesa juga direkognisi secara nasional.

“Sebagai PTN-BH, ini merupakan bukti kesiapan Unesa dalam bersaing dan kemampuan dalam beradaptasi. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi semua jajaran untuk terus bekerja lebih baik dan maksimal ke depan,” ungkapnya.

Sementara, Wakil Rektor IV Unesa, Prof Siti Nur Azizah, mengatakan Unesa menunjukkan komitmen dalam pengembangan kerja sama dengan lembaga dan industri baik dalam maupun luar negeri.

Prof Siti menilai, dengan luasnya mitra kerja sama, MBKM dapat semakin maksimal. Pengembangan kompetensi dan pengalaman mahasiswa pun makin luas, baik melalui program international mobility, pertukaran mahasiswa, magang internasional maupun program internship.

“Bisa dosen bisa riset kolaborasi dan tingkatkan kualitas publikasi,” jelas Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) tersebut.

Rincian medali yang diperoleh Unesa dalam anugerah bergengsi tersebut, untuk Anugerah Kerja Sama Diktiristek (AKD) kategori PTN-BH, Unesa meraih gold winner sub-kategori laporan kerja sama terbaik.

Baca Juga:  KA Argo Dwipangga Gunakan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation Mulai 13 Desember 2023
Baca Juga:  Bea Cukai Kanwil Jatim I Kembali Musnahkan Jutaan Batang Rokok dan Miras llegal Senilai Rp 12 Miliar

Kemudian, silver winner sub-kategori kerja sama dengan pemerintah dan NGO terbaik. Lalu, bronze winner dalam sub-kategori kerja sama dengan industri terbaik.

Pada Anugerah Humas Diktiristek (AHD), Unesa meraih gold winner pada sub-kategori majalah dan silver winner sub-kategori siaran pers.

Pada Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Unesa mendapat penghargaan sebagai peserta teraktif 1 (gold winner) sub-kategori perguruan tinggi dengan learning management system teraktif tingkat nasional 2023.

Dalam kategori sama, Unesa lewat dosennya, Hirnanda Dimas Pradana MPd menjadi peserta terbaik 1 (gold winner) sub-kategori mata kuliah dengan desain pembelajaran daring terbaik 2023.

Selanjutnya, Unesa lewat Dr Ir Asrul Bahar MPd meraih silver winner pada Anugerah Prioritas Nasional kategori bidang ekonomi biru, sub-kategori TKDN.

Lalu, Dr Binar Kurnia Prahani SPd MPd meraih bronze winner dalam Anugerah Riset, Teknologi dan PKM kategori Dosen Berprestasi (Sinta Award), sub-kategori dosen berprestasi dengan usia di bawah 40 tahun dengan sinta score tertinggi periode 2020-2022. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *