Flyover Aloha Difungsikan Pertengahan Desember 2023

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo segera merampungkan tiga proyek besar pada akhir 2023. Ketiga proyek tersebut yakni flyover (jalan layang) pengganti JPL (jalur perlintasan langsung) 64 Krian, flyover pengganti JPL 79 Tarik, dan flyover Aloha.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mengatakan, saat ini progres proyek flyover JPL 64 Kecamatan Krian dan proyek flyover JPL 79 Kecamatan Tarik masing-masing telah mencapai 96 persen dan masuk dalam tahap akhir penyelesaian.

“Kedua proyek flyover Krian dan Tarik ini sudah mencapai 96 persen. Ditargetkan akhir Desember rampung, awal tahun 2024 sudah difungsikan,” kata Gus Muhdlor sapaan akrab bupati, Rabu (6/12/2023).

Gus Muhdlor menjelaskan, sedangkan untuk flyover Aloha proses pengerjaannya hampir selesai atau sudah mencapai 91 persen.

Baca Juga:  Koordinator Pengawas SMA Kabupaten Ende Terkesan Perpustakaan Smamda Sidoarjo

“Rencananya, pada pertengahan Desember ini flyover Aloha akan dilakukan uji fungsional. Kemudian, penyerahan pekerjaan pada April 2024 nanti,” ucapnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo, Dwi Eko Saptono mengatakan, proyek flyover JPL 64 Krian dan proyek flyover JPL 79 Tarik akan segera rampung, saat ini sedang proses finishing. Sedangkan flyover Aloha akan dilakukan uji fungsional pada 15 Desember 2023.

“Nanti pada 15 Desember 2023 flyover Aloha akan dilakukan uji fungsional, sehingga saat Natal dan tahun baru, flyover Aloha bisa dilewati pengendara. Sedangkan dua proyek flyover JPL 64 Krian dan proyek JPL 79 Tarik tinggal proses finishing saja,” jelas Dwi.

Sementara itu, Manager Konstruksi Proyek Flyover Aloha Aris Purwanto menerangkan, pengerjaan parapet atau dinding pembatas flyover hanya tersisa setengah bentang saja. Rencananya, Rabu (6/12/2023) dicor.

“Parapet tinggal setengah bentang saja yang akan dicor, itu yang di flyover A atau jalur Sidoarjo-Juanda,” katanya.

Baca Juga:  Dinkes Jatim Temukan 9.409 Pengidap HIV Baru pada Januari hingga November 2023

Jika proses pengecoran parapet tuntas, kata dia, akan dilanjutkan dengan pengaspalan. Meski begitu, pengaspalan flyover di flyover A sejatinya sudah dimulai. Namun progresnya masih sekitar 25 persen.

Aris menambahkan, pengaspalan di jalur Sidoarjo-Juanda baru empat bentang dari 13 bentang yang ada. Nah, sisanya baru akan dilanjutkan setelah pengecoran sisa parapet rampung sepenuhnya.

“Empat bentang yang sudah selesai diaspal dari bentang P9A sampai bentang A2.A,” imbuhnya.

Sedangkan untuk flyover B atau jalur Juanda-Surabaya dikatakannya seluruh parapet sudah selesai dicor. Bahkan seluruh bekisting atau cetakan pengecoran sudah dibongkar.

Selain parapet yang sudah tuntas, proses pengaspalan pada flyover B juga sudah rampung semuanya. Artinya pengerjaan fisik hanya menyisakan beberapa bagian saja di flyover A.

“Selebihnya itu nanti adalah tahap finishing, mulai pemasangan rambu dan yang lainnya,” jelasnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *