Piala Dunia U-17
Kiper Prancis U-17 Tekad Lanjutkan Clean Sheet saat Hadapi Mali U-17 di Semifinal Piala Dunia U-17 2023

SOLO, SURYAKABAR.com – Pertahanan Prancis U-17 di Piala Dunia U-17 2023 paling tangguh. Lima kali bertanding mulai babak penyisihan hingga perempat final, gawang Prancis masih clean sheet alias belum kebobolan.

Selain kokohnya di lini pertahanan, itu juga tidak lepas dari ketangguhan kiper Paul Argney yang mengawal gawang Prancis.

Dari lima laga yang dijalani The Little Blues, kiper berusia 17 tahun ini bermain empat kali. Satu laga lainnya dipercayakan kepada Mathys Niflore.

Salah satu aksinya yang paling penting tersaji pada fase 16 besar. Setelah berhasil menjaga gawangnya tetap bersih dari kebobolan, kiper asal klub Le Havre B itu membantu Prancis memenangi adu penalti melawan Senegal.

Catatan empat laga nirbobol ini menjadi bekal penting bagi pemain kelahiran Granville, Prancis, itu untuk menatap laga krusial melawan Mali di semifinal. Sebab, tim lawan punya banyak pemain produktif yang berpotensi mengancam gawangnya.

Baca Juga:  Mali U-17 Siap Membuat Kejutan Lanjutan Menghadapi Prancis U-17 di Semifinal Piala Dunia U-17 2023

“Rasanya tentu luar biasa bisa menjaga gawang ini tetap bersih dari kebobolan di kejuaraan level paling tinggi seperti Piala Dunia U-17 2023,” kata Argney.

“Ini juga bisa diraih karena kerja keras semua pemain. Saya berharap bisa melanjutkan catatan positif ini. Semoga saya bisa kembali membantu tim dan berusaha tetap mengukir clean sheet,” ujarnya lebih lanjut.

Argney menuturkan bila dirinya banyak belajar dari sejumlah kiper terbaik. Di antaranya kiper Manuel Neuer dan Mike Maignan yang menjadi sumber inspirasi kiper kelahiran 23 Mei 2006 untuk meningkatkan kemampuan.

Baca Juga:  Prancis Kalahkan Uzbekistan, Pelatih Prancis Akui Tim Masih Punya Kekurangan Jelang Semifinal Piala Dunia U-17 2023
Baca Juga:  Argentina Belum Berfikir Juara, Pilih Fokus Hadapi Jerman di Semifinal Piala Dunia U-17 2023

“Di Prancis, salah satu penjaga gawang yang menjadi inspirator saya, Mike Maignan. Dia saat ini menjadi kiper utama timnas Prancis di level senior,” ujar kiper yang mengantarkan Prancis ke final Euro U-17 2023 itu.

“Saya melihat banyak aksi-aksinya di atas lapangan. Selain itu, saya juga sangat kagum dengan kemampuan memainkan bola dari Ederson. Tentu saja Manuel Neuer. Dia adalah kiper yang sangat komplet,” kata dia melanjutkan

Catatan nirbobol yang diukir Argney sudah bermula sejak dua pertandingan Grup E, yakni saat menang atas Burkina Faso (3-0) dan Amerika Serikat (3-0).

Setelah itu, Argney kembali mengukir dua clean sheet saat menghadapi Senegal (0-0) di babak 16 besar dan menumbangkan Uzbekistan (1-0) di fase perempat final. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *