SMP Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo Gelar Jalasah Ruhiyah dan Mukhoyyam Al Qur’an

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Menjelang pelaksanaan ujian akhir semester (UAS), SMP Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo menggelar Jalasah Ruhiyah dan Mukhoyyam Al Qur’an yang dilakukan di sekolah selama dua hari, Kamis – Jumat (23-24/11/2023).

“Kegiatan diikuti seluruh siswa kelas 7, 8 hingga kelas 9. Total ada 239 siswa. Kegiatan diawali puasa sunnah Kamis. Kemudian menambah hafalan Alqur’an dan buka puasa. Kegiatan juga diisi dengan motivasi-motivasi tentang Alqur’an hingga pukul 10 malam anak-anak istirahat. Pukul 02.30 anak-anak bangun untuk melakukan sholat tahajud dan sholat subuh berjamaah kemudian dzikir pagi Al Matsurat dan baca surat Al Kahfi serta motivasi pagi,” tutur Jumain S.Pd.I, M.Pd.I, Kepala Sekolah SMP Al Falah Darussalam Tropodo kepada suryakabar.com, Jumat (24/11/2023).

Baca Juga:  SMP Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo Gelar P5 Tampilkan Beragam Budaya Indonesia

Kegiatan seperti rutin dilakukan di SMP Al Falah Darussalam Tropodo setiap semester. Bahkan, untuk semester genap bisa dilakukan dua kali, karena kebetulan bersamaan dengan bulan Ramadhan.

“Harapan kami anak-anak terbiasa dengan yang ada di Al Falah yakni menjalankan puasa sunnah, menambah hafalan Al Qur’an, tahajud, subuh berjamaah, dzikir Al Matsurat tiap pagi. Dengan begitu ketika diasah terus kemudahan belajar bisa didapat anak-anak. Semakin dekat dengan Allah, maka akan dimudahkan semua kegiatan anak-anak,” paparnya.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Direktur Lembaga Pendidikan Al Falah Darussalam Tropodo (LPFDT) Sidoarjo, Ali Efendi, S.Pd,M.M. “Harapan kami anak-anak bisa melaksanakan semua kegiatan di sekolah dengan baik dan bisa menambah hafalan Al Qur’an sesuai target,” jelasnya.

Baca Juga:  SMPN 28 Surabaya Raih Penghargaan dari Kemen PPA, Miliki Nilai Tertinggi Satuan Pendidikan Ramah Anak
Baca Juga:  Kalahkan 31 Negara, Siswa SD Mudipat Pucang Surabaya Raih Gold Medal di ISIF 2023

Pada kegiatan ini juga diberikan apresiasi kepada siswa dari masing-masing kelas yang berhasil melakukan hafalan terbanyak Alqur’an. “Tiap-tiap kelas satu anak, jadi total ada 12 siswa yang mendapat apresiasi sebagai penghafal Al Qur’an terbanyak,” imbuhnya.

Jalasah Ruhiah merupakan kegiatan yang memiliki momentum tepat dalam membentuk pribadi-pribadi yang berakhlakul karimah sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menambah motivasi pembiasaan anak-anak mulai dari sholat Dhuha, puasa, hafalan Al Qur’an, sholat malam dan menjaga akhlak. Diharapkan anak-anak terbiasa dengan akhlak yang baik di sekolah juga di rumah,” tandasnya. (es)    

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *