Piala Soeratin U-17
Ini Pembagian Grup Babak 12 Besar Piala Soeratin U-17 2023 PSSI Jatim

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Perjalanan tim-tim dalam persaingan menuju perebutan juara Piala Soeratin U-17 2023 PSSI Jawa Timur semakin dekat. 

Setelah melewati dua babak penyisihan yakni 48 Besar dan 24 Besar, kini tim-tim kontestan Piala Soeratin U-17 2023 PSSI Jatim memasuki babak 12 Besar yang akan digelar tiga hari, yakni pada 24, 25 dan 27 November 2023.

Seperti pada babak 48 Besar dan 24 Besar yang menggunakan format home tournament, babak 12 Besar kembali menggunakan format home tournament.

Asprov PSSI Jatim telah menunjuk dua tuan rumah babak 12 Besar, yakni Sinar Harapan Tulangan Sidoarjo dengan home base Stadion Jenggolo Sidoarjo dan PSBR Blitar Raya dengan home base Stadion Soeprijadi Kota Blitar.

Baca Juga:  Update, Hasil Pertandingan Lengkap dan Klasemen Akhir Grup 8 Piala Soeratin U-17, Deltras U-17 dan Bajul Ijo U-17 Lolos 24 Besar

Setiap tuan rumah dihuni dua grup. Dua grup yang bermain di Stadion Jenggolo adalah Grup G dan Grup I, sedang dua grup lain yang akan bertanding di Stadion Soepriyadi Kota Blitar adalah Grup H dan Grup J.

Masing-masing grup diisi tiga tim. Grup G dihuni Persebaya Surabaya, Deltras FC dan Persikoba Batu. Sementara Grup I terdiri dari tuan rumah Sinar Harapan, PS Mojokerto Putra dan Persegres Putra.

Grup H dihuni Arema FC, Perseta Tulungagung, dan Persipro. Sedangkan Grup J diisi tuan rumah PSBR Kota Blitar, NZR Sumber Sari dan Persedikab Kediri.

Setiap tim di masing-masing grup akan bermain dua kali sebelum memastikan diri lolos ke semifinal. “Karena langsung semifinal, maka hanya diambil juara grup saja,” ujar Djoko Tetuko, Sekretaris Umum Asprov PSSI Jatim.

Semifinal turnamen Piala Soeratin U-17 2023 ini akan digelar pada 1 Desember 2023. Di babak ini, juara Grup G akan bertemu juara Grup I dan juara Grup H melawan juara Grup J.

Baca Juga:  Maroko U-17 Kalahkan Iran U-17 Lewat Drama Adu Tendangan Penalti di 16 Besar Piala Dunia U-17 2023

Masing-masing pemenang akan tampil di final yang akan berlangsung pada 3 Desember 2023. Sementara perebutan peringkat ketiga akan mempertemukan dua tim yang kalah di semifinal.

Ketua Umum Asprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh berharap siapa pun tim yang menjadi juara Piala Soeratin U-17 2023 Jatim, benar-benar tim berkualitas, sehingga bisa merebut juara di tingkat nasional.

“Kami berharap, siapa pun yang menjadi juara turnamen ini dan mewakili Jatim di putaran nasional nanti adalah tim yang benar-benar berkualitas dan bisa menjadi juara di tingkat nasional,” ujar Ahmad Riyadh.

Baca Juga:  Mali U-17 Pesta Gol ke Gawang Meksiko U-17 di 16 Besar Piala Dunia U-17 2023, Mali U-17 Ketemu Maroko U-17

Riyadh yakin, wakil Jatim akan tampil kompetitif di putaran nasional. Sebab, mereka memenuhi syarat minimal jumlah pertandingan yang ditentukan PSSI.

“Jumlah pertandingan tim yang lolos sudah melebihi syarat tersebut. Sehingga mereka memiliki jam terbang yang cukup dan mental yang baik. Apalagi kami punya tradisi bagus di turnamen ini lewat wakil-wakil Jatim di tahun-tahun sebelumnya. Jatim juga selalu menjadi barometer sepak bola nasional,” jelas Riyadh. (es)

PEMBAGIAN GRUP BABAK 12 BESAR PIALA SOERATIN U-17 2023
GRUP G
1. Persebaya Surabaya
2. Deltras FC
3. Persikoba Batu

GRUP I
1. Sinar Harapan
2. PS Mojokerto Putra
3. Persegres Putra

GRUP H
1. Arema FC
2. Perseta Tulungagung
3. Persipro 1954

GRUP J
1. PSBR Blitar Raya
2. NZR Sumber Sari
3. Persedikab Kediri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *