Piala Dunia U-17
Timnas Indonesia U-17 Cetak Gol Lebih Dulu, Akhirnya Imbang Lawan Ekuador, Ini Hasil, Jadwal Pertandingan dan Klasemen Sementara

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Penampilan menawan ditunjukkan Timnas Indonesia U-17 di laga perdana babak penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023. Tim asuhan Bima Sakti ini mengamankan satu poin, menyusul hasil imbang 1-1 melawan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023) malam.

Indonesia sempat unggul lebih dulu menit 22 lewat gol yang dicetak striker asal Blitar Arkhan Kaka. Keunggulan Indonesia ini tidak bertahan lama. Ekuador mampu menyamakan kedudukan menit 28 dari gol sundulan Allen Obando.

Hasil imbang yang diraih Timnas Indonesia di Hari Pahlawan 2023 ini menjaga peluang Indonesia lolos fase knock out.

Saat ini Indonesia menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup A mengumpulkan satu poin diikuti Ekuador juga dengan satu poin. Puncak klasemen sementara dikuasai Maroko, setelah di matchday pertama menang 2-0 atas Panama.

Baca Juga:  Piala Dunia U-17 2023 Pakai VAR, Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti Ingatkan Pemainnya agar Hati-Hati

Ekuador yang sudah enam kali tampil di Piala Dunia U-17 dan dua kali melaju hingga perempat final, lebih banyak memainkan bola-bola silang untuk menggempur pertahanan Indonesia.

Seperti lahirnya gol penyama tersebut juga lahir dari umpan silang yang dimaksimalkan Allen Obando dengan sundulan.

Ekuador sempat mencetak gol kedua ke gawang Timnas Indonesia U-17 menit 45 melalui Jair Collahuazo. Namun, gol tersebut dianulir wasit, karena Allen Obando sudah lebih dulu berada di posisi offside. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Baca Juga:  Pelatih Spanyol U-17: Kanada Memiliki Kecepatan dan Kelincahan, Kami harus Hati-hati

Di babak kedua, Ekuador lebih banyak melakukan tekanan. Beberapa kali gelombang serangan Ekuador mengancam gawang Indonesia. Berkat penampilan cemerlang penjaga gawang Ikram Al Giffari, beberapa peluang Ekuador berhasil digagalkan.

Pertandingan semakin mendebarkan saat laga menyisakan waktu sekitar tiga menit di waktu normal sebelum tambahan waktu. Ini karena Ekuador lebih banyak mengurung pertahanan Indonesia. Lebih mendebarkan lagi tambahan waktu untuk pertandingan ini 13 menit.

Di masa tambahan waktu, Ekuador kembali lebih banyak menekan pertahanan Indonesia. Semangat pantang menyerah yang ditunjukkan pemain Indonesia berhasil meredam gempuran Ekuador dan menutup laga dengan skor imbang 1-1.

Baca Juga:  Burkina Faso U-17 Tanpa Target, tetapi Ingin Tampil di Tujuh Laga Piala Dunia U-17 2023

Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, mensyukuri hasil yang diraih timnya. Keberhasilan meraih satu poin akan jadi modal berharga untuk bisa mendulang poin lagi di Grup A.

“Alhamdulillah bisa 1-1 dan ini hasil kerja keras pemain, walaupun terasa berat. Kami punya waktu dua hari istirahat setelah ini dan semoga itu bisa membut kondisi pemain lebih baik lagi,” kata Bima Sakti usai pertandingan.

Hasil imbang itu menjadikan Indonesia meraih poin perdana di Piala Dunia kelompok usia. Sebelumnya saat ambil bagian di Piala Dunia U-20 pada 1979 di Jepang, Indonesia tak sekalipun mendapatkan poin alias selalu kalah.

Secara terpisah, Pelatih Ekuador U-17 Diego Martinez mengatakan, timnya kesulitan menghadapi pertahanan solid Timnas Indonesia U-17.

“Ini pertandingan yang sulit, kami ingin menang dan mendapatkan tiga poin. Tapi, Indonesia juga menunjukkan pertandingan yang baik dengan pertahanan efektif dan berjalan bagus. Saya pikir kami punya situasi yang menyulitkan kami mencetak gol,” kata Diego Martinez.

“Cuaca tidak jadi masalah buat kami. Tapi, pemain kami datang dengan cuaca panas di sini yang mirip di Surabaya. Ini tidak ada masalah buat kami,” tandasnya. (*)

HASIL PERTANDINGAN GRUP A
JUMAT, 10 NOVEMBER 2023
Panama 0-2 Maroko
Indonesia 1-1 Ekuador

JADWAL PERTANDINGAN GRUP A
SENIN, 13 NOVEMBER 2023
16.00 WIB – Maroko Vs Ekuador
19.00 WIB – Indonesia Vs Panama

KAMIS, 16 NOVEMBER 2023
19.00 WIB – Maroko Vs Indonesia
19.00 WIB – Ekuador Vs Panama

KLASEMEN SEMENTARA GRUP A

NONEGARAMAINMNGSERIKLHGOLPOIN
1.Maroko11002-03
2.Indonesia 10101-11
3.Ekuador 10101-11
4.Panama10010-20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *