Universitas Brawijaya Juara Umum MTQMN XVII 2023

MALANG, SURYAKABAR.com – Universitas Brawijaya (UB) menjadi juara umum dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa Tingkat Nasional (MTQMN) ke XVII 2023.

Pengumuman tersebut dibacakan Ketua Dewan Hakim MTQMN Prof. KH Said Agil Husein Al Munawar dalam penutupan kegiatan di Gedung Samantha Krida, Kamis (9/11/2023).

Dalam pidatonya Prof. Said Agil mengatakan, dari 250 perguruan tinggi yang berpartisipasi, ada 53 yang berprestasi.

“Memutuskan dan menetapkan sesuai dalam lampiran keputusan Dewan Hakim MTQMN, juara umum diraih Universitas Brawijaya (UB) dengan nilai 88, kedua adalah Universitas Negeri Malang (UM) dengan nilai 50, ketiga Universitas Islam Indonesia (UII) dengan nilai 41, Universitas Sumatera Utara nilai 36, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (28), UGM (26), dan seterusnya,” kata Prof. Said Agil.

Baca Juga:  Cinta Budaya Indonesia Siswa SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo Ingin Menjadi Dalang Wayang Kulit

Perolehan gelar juara umum yang disandang UB merupakan capaian prestasi dalam kategori lomba sebagai berikut Musabaqah Fahmil Qur’an (Juara 1); Musabaqah Hifzhil Qur’an 30 Juz Putri Juara 1; Musabaqah Hifzhil Qur’an 30 Juz Putra Juara 2; Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur’an Juara 2; Musabaqah Tartil Qur’an Putri Juara 2; Musabaqah Tilawatil Qur’an Putri Juara 2; Musabaqah Hifzhil Qur’an 20 Juz Putri Juara; Musabaqah Khaththil Qur’an Golongan Kontemporer Putra Juara 3; Musabaqah Khaththil Qur’an Golongan Kontemporer Putri Juara 3; Musabaqah Pembacaan Kitab Maulid Nabi Muhammad SAW Juara 3; Musabaqah Qira’at Sab’ah Putri Juara 3; Musabaqah Tartil Qur’an Putra Juara 3; Musabaqah Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an Juara Harapan 1; Musabaqah Hifzhil Qur’an 10 Juz Putra Juara Harapan 1; Musabaqah Hifzhil Qur’an 20 Juz Putra Juara Harapan 1; dan Musabaqah Qira’at Sab’ah Putra Juara Harapan 1.

Dalam kesempatan tersebut Prof. Said Agil juga membacakan nama-nama pemenang untuk 15 kategori lomba MTQMN.

Baca Juga:  Untag Tambah Dua Guru Besar, Siap Wujudkan Satu Prodi Satu Profesor

“Masing-masing pemenang juara 1 hingga harapan 3 akan mendapatkan sertifikat, trophy, dan uang pembinaan,” katanya.

Sementara itu staff ahli Kemendikbudristek Bidang Manajemen Talenta Tatang Muttaqin, Ph.D mengatakan, MTQMN merupakan salah satu upaya untuk merawat tradisi yang baik, tidak berhenti untuk mengidentifikasi dan mencari talenta-talenta baru yang akan menjadi penerus di masa depan.

“Hal ini sejalan dengan semangat para ulama untuk tidak berhenti mencari penerus baru yang lebih baik sehingga bisa benar-benar mencapai target talenta nasional,” katanya.

Dalam malam penutupan MTQMN XVII juga dibacakan sejumlah kategori yaitu peserta favorit pada Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an diraih oleh Universitas Tidar; kategori Best Presenter pada Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an jatuh pada Institut Teknologi Bandung; serta Inspiring Young Talent untuk Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an diraih Universitas Syi’ah Kuala; Scientific Young Talent pada Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an diraih Universitas Padjadjaran; kategori Ahsanul Munadrilin untuk Debat Ilmiah Kandungan Qur’an dalam Bahasa Arab diraih Universitas Negeri Jakarta.

Sementara untuk peserta favorit Debat llmiah Kandungan Qur’an dalam Bahasa Inggris diraih Universitas Negeri Gorontalo.

Best Speaker Debat Ilmiah Kandungan Qur’an dalam Bahasa Inggris diraih Universitas Udayana. (abs) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *