Smamda Surabaya Undang 12 Dosen Tamu Kenalkan Dunia Kuliah

SURABAYA, SURYAKABAR.com – SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya mengundang 12 dosen tamu dari berbagai Fakultas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Surabaya untuk memberikan kuliah sekaligus mengenalkan jurusan sesuai minat dan bakat siswa.

Ke-12 dosen tamu itu berasal dari PTN dan PTS di Surabaya. Yakni, dari Fakultas Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dinamika, Teknik Industri serta Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Interior Architecture Universitas Ciputra, Fakultas Kedokteran serta Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hang Tuah (UHT).

Kemudian, Fakultas Manajemen Bisnis Universitas Ciputra, Fakultas Hukum Universitas Surabaya, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, serta Fakultas Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jatim.

Baca Juga:  Murid Smamda Sidoarjo Juara Kompetisi English Speech The 8th M-ICO Festival 2023

Kepala Smamda Surabaya, Astajab SPd MM mengatakan, ada 12 kelas yang dikelompokkan sesuai minat dan bakat para siswa. Mulai dari Kedokteran, Arsitektur, Psikologi, Hukum, Teknik Industri, Teknik Informatika, hingga Desain Komunikasi Visual (DKV).

“Jadi, hari ini kami menghadirkan 12 dosen dari berbagai perguruan tinggi untuk memberikan wawasan dan pembelajaran di kelas masing-masing. Dan, berbagai jurusan ini yang paling banyak peminatnya Fakultas Kedokteran,” ujar Astajab usai meninjau kelas yang menghadirkan 12 dosen tamu di Smamda Tower Surabaya, Senin (6/11/2023).

Astajab menjelaskan, lulusan Smamda pada tahun ini yang diterima di Unair sekitar 80 siswa, di ITS sekitar 77 siswa, dan lainnya tersebar di berbagai PTN, yakni Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Baca Juga:  Smamda Surabaya Ajak Siswa Asing Belajar dan Praktik Membatik saat Memperingati Hari Batik
Baca Juga:  SMP Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo Gelar P5 Tampilkan Beragam Budaya Indonesia

“Siswa Smamda yang diterima di Unair memang variatif, mulai dari Fakultas Kedokteran, Kecerdasan Robotika dan Kecerdasan Buatan, Ekonomi, Psikologi, Hukum, hingga Kedokteran Gigi. Targetnya, untuk kuliah tamu ini para siswa merasakan bagaimana ketika kuliah di kampus, setidaknya mereka mempunyai gambaran dan wawasan ketika memilih jurusan,” jelasnya.

Salah satu siswa yang memilih mengikuti kuliah tamu jurusan Kedokteran, Ulfa Alya Wiritanaya mengatakan, jurusan Kedokteran menjadi impiannya sejak kecil. Selain itu, terinspirasi dari pamannya yang juga menjadi Dokter Spesialis Jantung.

“Setelah saya lulus nanti, saya berniat ingin melanjutkan kuliah mengambil jurusan Kedokteran Unair, sekaligus ingin melanjutkan ke Spesialis Anak. Saya ingin membantu masyarakat Indonesia agar tingkat kesehatannya meningkat. Salah satunya, dengan bekal ilmu yang saya dapatkan selama belajar di Smamda,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *