Ini 10 Tim Putra Futsal Peserta PON Aceh Sumatera Utara 2024

JAKARTA, SURYAKABAR.com – Lengkap sudah tim peserta futsal putra PON Aceh Sumatera Utara (Sumut) 2024 yakni 10 tim. Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi tim terakhir yang lolos dari jalur Pra PON 2024.

Tuan rumah PON XXI 2024, Aceh dan Sumut langsung lolos tanpa mengikuti babak Pra PON. Kedua tim itu mendapat wild card.

Sementara sisanya delapan tim lolos lewat babak kualifikasi atau Pra PON. Delapan tim yang lolos dari Pra PON tersebut yakni Jawa Timur, Sulawesi Barat, Lampung, Banten, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Timur. Mereka semua merupakan juara grup Pra PON.

Baca Juga:  Futsal Putra Nusa Tenggara Timur Lolos ke PON Aceh Sumut 2024, Ini Hasil Pertandingan Lengkap dan Klasemennya

Dari tim-tim yang lolos tersebut tidak terdapat dua perebut medali emas dua PON terakhir yakni Jawa Barat dan Papua.

Jawa Barat sebagai perebut medali emas PON 2016 dan medali perak PON 2021, kendati bertindak sebagai tuan rumah Pra PON 2024, namun mereka tidak lolos, karena finis sebagai runner up grup, sementara juara grup direbut Banten.

Nasib serupa dialami Papua yang merupakan perebut medali emas PON 2021. Pada Pra PON 2024, Papua tampil di Makassar.

Tiga kali bertanding, Papua hanya menang satu kali saat menundukkan Sulawesi Tenggara 6-2 dan kalah dua kali yakni dari Papua Barat 2-6 dan kalah 3-4 dari Sulawesi Selatan.

Imbasnya, Papua berada di peringkat ketiga klasemen akhir, juara grup direbut Sulawesi Selatan yang menyapu bersih kemenangan di tiga pertandingan.

Baca Juga:  Ini Jadwal Pertandingan Bintang Timur Surabaya di Liga Futsal Profesional 2023-2024
Baca Juga:  Futsal Putra dan Putri DKI Jakarta Lolos ke PON Aceh Sumatera Utara 2024, Ini Hasil Pertandingan Lengkap dan Klasemen Pra PON 2024

Tim-tim yang lolos dari Pra PON, hanya Lampung satu-satunya tim yang tidak berhasil menyapu bersih kemenangan sepanjang tampil di Pra PON.

Tiga kali bertanding, Lampung menang dua kali yakni mengalahkan Sumatera Barat 4-2 dan menundukkan Bengkulu 5-2 serta kalah satu kali 4-5 dari Sumatera Selatan. (es)     

TIM PUTRA LOLOS PON XXI 2024
1. Aceh – Tuan Rumah
2. Sumatera Utara – Tuan Rumah
3. Jawa Timur
4. Sulawesi Barat
5. Lampung
6. Banten
7. Kalimantan Timur
8. Sulawesi Selatan
9. DKI Jakarta
10. Nusa Tenggara Timur

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *