Panjat Tebing Jawa Timur Juara Umum Pra PON 2024

SURABAYA,  SURYAKABAR.com – Panjat tebing Jawa Timur merebut juara umum pada babak kualifikasi atau Pra PON Aceh Sumatera Utara 2024 yang digelar di GOR Jatidiri, Semarang, 23-31 Oktober 2023.

FPTI Jawa Timur merebut tujuh emas, lima perak, dan dua perunggu. Posisi kedua ditempati Jawa Tengah yang meraih tiga emas, satu perak, dan dua perunggu. Papua menduduki tiga besar dengan dua emas, satu perak, dan satu perunggu.

Ketua Umum FPTI Jatim, Dhanu Iswara mengatakan, pihaknya tidak memburu gelar juara umum. Sejak awal pihaknya memburu tiket menuju PON XXI Aceh Sumatera Utara.

Baca Juga:  FPTI Sepakat Venue Panjat Tebing Porprov Jatim VIII 2023 Dipindah dari Sidoarjo ke Surabaya

“Alhamdulillah, hitung-hitungan kasar sudah bisa meloloskan 16 atlet, delapan putra dan delapan putri. Itu kuota penuh, dan saat ini masih menunggu SK dari PP FPTI,” kata Dhanu saat dihubungi, Rabu (1/11/2023).

Alumnus UPN Veteran Surabaya ini menambahkan tidak hanya Jatim yang meloloskan kuota penuh menuju PON XXI. Jawa Tengah juga berhasil meloloskan 16 atlet di PON 2024 mendatang.

Baca Juga:  Pemain Porprov Sidoarjo Top Skor Tim Jawa Timur di Grup D Pra PON Aceh Sumatera Utara 2024, Guntur dan Sandro Sama-sama Cetak Lima Gol
Baca Juga:  Jalani Tes Kesehatan, Kondisi Pemain Timnas Indonesia U-17 Bagus

Pada Pra-PON panjat tebing di GOR Jatidiri memperebutkan 16 medali emas. Menurut Dhanu untuk menjadi juara umum cukup merebut lima keping emas sudah berstatus juara umum. Sebab kekuatan seluruh kontingen asal Jawa cukup merata.

“Dari hasil ini kami sudah bisa mengukur kekuatan lawan, mana saja daerah yang perlu diwaspadai. Terus terang saat ini sudah banyak daerah yang memiliki wall. Otomatis persaingan jauh lebih ketat,” urai Dhanu.

Berdasarkan hasil Pra PON, FPTI Jatim cukup tangguh untuk nomor beregu semua kategori. “Bukan berarti perorangan tidak kompetitif, ada beberapa kategori yang bisa mengejutkan di PON nantinya,” pungkas Dhanu. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *