Cuaca Panas Penjualan Es Balok dan Es Batu Kristal Meningkat

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Cuaca panas pada musim kemarau panjang ini menjadi berkah bagi Kayat, penjual es batu di Jalan Pasar Ikan, Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Sidoarjo. Karena penjualan es balok dan es batu kristal meningkat 50 persen.

“Kenaikannya sekitar 50 persen dari sebelumnya. Konsumen yang membeli mayoritas ya pemilik warung,” tutur Kayat, Selasa (31/10/2023).

Ia mengatakan, kenaikan ini terjadi sejak sekitar setengah tahun lalu. “Sebenarnya saya ingin menambah stok lagi, tapi dari pabriknya tidak bisa memenuhi. Mungkin karena banyaknya penjual es batu kristal,” terangnya.

Baca Juga:  Kemarau Panjang Diprediksi hingga Februari 2024, Gubernur Khofifah Ingatkan Pengelolaan Irigasi dan Menjaga Hutan

Untuk es balok yang dipakai untuk pendingin ikan, ia mampu menjual sekitar 600 balok dengan harga Rp 16 ribu per balok. Sedangkan es batu kristal, dalam sehari Kayat bisa menjual sekitar 150 hingga 200 bungkus dengan harga Rp 5 ribu per bungkus.

“Sebelumnya laku sekitar 100 bungkus saja. Cuaca menyengat ini permintaan es batu memang luar biasa banyak. Namun ya itu, kita minta tambahan tapi pabrik tidak bisa memenuhi permintaan kita,” jelasnya.

Baca Juga:  Cuaca Panas Akibatkan Daya Tahan Tubuh Menurun ini Saran Dokter Andre Yulius

Ia melanjutkan, meskipun permintaan es batu meningkat tajam, namun dirinya tidak berani menaikkan harga.

Heni, pemilik warung makan di Jalan Raden Patah mengatakan, sebelumnya ia menghahiskan es batu kristal dua bungkus per hari, namun di musim panas kali ini bisa sampai empat bungkus. “Pembeli seringkali menambah minuman, karena cuaca sangat panas,” ucapnya.

Sementara itu, Mulyanto warga Jalan R.A. Kartini, terlihat membeli tiga bungkus es batu kristal. “Alhamdulillah, jualan es juice saya banyak sekali pembeli. Belum pernah sebanyak musim panas kali ini,” kata dia. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *