RSI Siti Hajar Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Tiga Ponpes Sidoarjo di Hari Santri Nasional 2023

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Tepat di Hari Santri Nasional (HSN) 2023, Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Sidoarjo menggelar pemeriksaan kesehatan gratis kepada ratusan santri – santriwati di tiga pondok pesantren di Kota Delta.

Salah satunya di Ponpes Al Hamdaniyah, Desa Siwalanpanji, Kecamatan Buduran, Minggu (22/10/2023) lagi. Sekitar 450 santri putra dan putri mengikutinya.

Baca Juga:  Berbusana Daur Ulang, Santri Ponpes Progresif Bumi Sholawat Ikuti Pawai Hari Santri Nasional 2023

Direktur RSI Siti Hajat M. Zulfikar As’ad menuturkan, pemilihan pemeriksaan kesehatan di Ponpes Al Hamdaniyah karena ponpes ini menyimpan sejarah sangat dalam.

“Pendiri NU, KH. Hasyim Asy’ari dan ulama besar lainnya pernah menimba ilmu di sini,” tuturnya.

Ia menambahkan, pemeriksaan kesehatan ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat RSI Siti Hajar khususnya kepada para santri di hari spesial ini. “Kami berharap, generasi yang saat ini sedang menimba ilmu di pesantren menjadi generasi yang sehat,” imbuhnya.

Baca Juga:  Peragaan Sarung Santri Nusantara Meriahkan Hari Santri 2023

Dr. Dasarina Rizqi Amalia, dokter umum RSI Siti Hajar menjelaskan, beberapa santriwati menderita batuk dan pilek karena pengaruh cuaca.

“Yang kami periksa adalah suhu badan, tensi serta kolestrol. Memang cuaca saat ini sangat panas sehingga beberapa santriwati terserang batuk dan pilek. Kepada mereka, kami memberikan obat agar segera pulih,” terangnya.

Salah satu santriwati, Inayah Wulandari mengatakan, dirinya sudah 3 hari terserang batuk dan pilek.

Baca Juga:  Dua Santri dari Ponpes di Jatim Terpilih sebagai Duta Santri Nasional 2023

“Sudah periksa ke puskesmas namun belum reda. Semoga setelah pengobatan ini bisa sembuh,” ucap santriwati asal Kota Surabaya ini.

Selain di Ponpes Al Hamdaniyah, RSI Siti Hajar juga menggelar pemeriksaan kesehatan gratis di Pondok Lansia Tanggulangin dan Ponpes Roudlotul Ulum Sidoarjo. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *