Berbusana Daur Ulang, Santri Ponpes Progresif Bumi Sholawat Ikuti Pawai Hari Santri Nasional 2023

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Ribuan santri dan santriwati Pondok Pesantren Progresif Bumi Sholawat, Desa Lebo, Kecamatan Sidoarjo mengikuti pawai dalam rangka Hari Santri Nasional (HSN) 2023.

Uniknya, mereka mengikuti pawai menggunakan busana berbahan daur ulang. Peserta yang merupakan santri tingkat SD hingga SMA terlihat antusias mengikuti pawai berkeliling desa sekitar pondok pesantren.

Kepala SMP Progresif Bumi Sholawat Mahmud Al Fahmi menuturkan, perayaan HSN yang digelar di Ponpes Bumi Shalawat merupakan kegiatan perdana.

Baca Juga:  Peragaan Sarung Santri Nusantara Meriahkan Hari Santri 2023

“Pawai dengan tema pemanasan global ini merupakan, perayaan yang pertama digelar di Ponpes Progresif Bumi Shalawat,” kata Mahmud, Sabtu (21/10/2023).

Menurutnya, pawai HSN ini bertujuan mengedukasi para santri akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.

“Edukasi ditujukan tidak hanya untuk para santri, namun juga kepada warga sekitar khususnya tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Bahkan, kita juga memberikan bibit pohon untuk di tanam di lingkungan desa,” jelas Mahmud.

Baca Juga:  Dua Santri dari Ponpes di Jatim Terpilih sebagai Duta Santri Nasional 2023
Baca Juga:  Sekolah Progresif Bumi Shalawat Satu-satunya Pendidikan Ponpes yang Menggunakan Kurikulum Internasional Pearson Edexcel

Pawai ini juga diikuti Murobbi, Murobbiyah, Ustadz dan Ustadzah dan segenap karyawan Ponpes Progresif Bumi Shalawat ini juga sebagai bentuk implementasikan Kurikulum Merdeka.

“Pawai ini juga untuk merealisasikan kurikulum merdeka yang didalamnya ada P5 yakni Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Semoga para santri dapat benar-benar menjadi santri yang berakhlak baik yang peduli dengan kelestarian lingkungan,” imbuh Mahmud.

Kegiatan ini mendapat perhatian warga sekitar yang dilintasi rute pawai. Mereka nampak mengeluarkan ponsel untuk memotret para peserta khususnya yang berbusana daur ulang unik. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *