55 Tim Ikut Liga 3 Jatim, Piala Soeratin U-17 Diikuti 45 Tim

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur segera menggelar kompetisi Liga 3 dan kelompok umur. Kepastian itu didapat setelah Komite Eksekutif Asprov PSSI Bidang Kompetisi menggelar rapat, Kamis (19/10/2023).

Dalam rapat tersebut diputuskan, Asprov PSSI akan menggelar kompetisi Liga 3 Jatim, U-17, U-15, U-13, dan festival sepak bola grass root.

Dari keempat kompetisi yang akan digulirkan secara bertahap, Asprov PSSI Jatim akan lebih dulu memutar Piala Soeratin U-17, dan Liga 3 Jatim.

“Kompetisi Piala Soeratin U-17 rencananya diputar mulai 8 November hingga 15 November. Manager meeting digelar, 25 September 2023 atau dua minggu sebelum kompetisi digelar,” ujar Sekretaris PSSI Jatim, Joko Tetuko.

Baca Juga:  PSSI Jatim Gulirkan Liga 3, Piala Soeratin dan Pertiwi

Piala Soeratin U-17 kali ini akan menggunakan format home tournament. Dari data yang ada di sekretariat PSSI Jatim untuk Piala Soeratin U-17 ini akan diikuti 45 tim.

Sejauh ini, ada lima tim yang mengajukan diri sebagai tuan rumah. Mereka adalah Persipro Probolinggo, Persikoba Kota Batu, Deltras Sidoarjo, Bojonegoro FC, dan PSBK Blitar.

“Kompetisi ini penting untuk digulirkan. Karena salah satu tolok ukur kesuksesan Asprov adalah menggelar kompetisi di semua kategori. Karena kemampuan menggelar kompetisi adalah cerminan kemampuan organisasi dalam menjalankan program yang dicanangkan,” ujar Cholid Choromah, Exco Asprov PSSI Bidang Kompetisi.

Baca Juga:  Kepengurusan AFP Jatim 2023-2027 Terbentuk
Baca Juga:  Timnas Indonesia Kembali Kalahkan Brunei Darussalam dengan Skor 6-0, Selanjutnya Ditunggu Irak, Vietnam dan Filipina

Setelah itu, kompetisi selanjutnya yang akan digulirkan adalah Liga 3. Sesuai rencana, kompetisi amatir regional Jawa Timur ini akan diputar pada Desember 2023.

Untuk putaran pertama babak pertama, rencananya digulirkan 5, 7, 9 Desember 2023 untuk leg I. Kemudian leg kedua diputar pada 13, 15, 17 Desember 2023. Sedangkan babak kedua akan diputar setelah Pemilu dan Pilpres 2024.

Terkait kompetisi Liga 3 ini, 55 tim sudah menyatakan diri akan ikut berkompetisi. Dari jumlah tersebut, delapan klub sudah mengajukan diri menjadi tuan rumah.

Delapan klub tersebut yakni Persipro Probolinggo, Banyuwangi FC, Persewangi, Perssu Sumenep, Mojokerto Putra, Persekap Pasuruan, Bojonegoro FC, dan PSIL Lumajang. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *