Jurnal Ilmiah Karya Dosen Unusa Raih Indeksasi Scopus

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Jurnal ilmiah berjudul Indonesian Journal of Medical Laboratory Science and Technology (IJLMST) yang diterbitkan dosen program studi (Prodi) D4 Analis Kesehatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) mendapat pengakuan atau terindeks Scopus. Hal ini menandai pengakuan internasional atas kualitas dan relevansi riset yang disajikan.

The Editor-in-Chief (EIC) for IJLMST Journal, Gilang Nugraha SSi MSi menjelaskan, IJLMST merupakan jurnal peer-review yang diterbitkan Unusa bekerja sama dengan The Indonesian Association of Schools of Medical Laboratory Technology (IASMLT).

Fokus jurnal yang disusun pada 2018 itu, kata Gilang, yakni pada bidang Laboratorium Medis. Meliputi, hematologi, kimia klinik, imunoserologi, mikrobiologi, parasitologi, sitoteknologi, toksikologi klinis, dan biologi molekuler.

Baca Juga:  Unusa Siap Kolaborasi Pentahelix Dorong Pemberdayaan Desa Mandiri

“Jurnal IJLMST telah kita susun sejak 2018 dan Alhamdulillah saat ini sudah terindeks Scopus. Indeksasi Scopus ini merupakan pengakuan yang sangat penting bagi kami. Hal itu menunjukkan, riset-riset yang kami publikasikan memiliki kualitas dan kontribusi yang diakui secara internasional,” ujar Gilang melalui keterangannya di Surabaya, Selasa (17/10/2023).

Gilang menyatakan akan terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan relevansi penelitian. “Pencapaian Indeksasi Scopus ini memberikan dorongan semangat bagi kami untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan di bidang Analis Kesehatan,” jelas Dosen D4 Analis Kesehatan Unusa itu.

Menurut Gilang, Indeksasi Scopus membuka pintu bagi peneliti dan akademisi untuk lebih memperluas jangkauan dan dampak dari riset yang mereka lakukan.

Baca Juga:  Isi Kuliah di Unair, Menko Polhukam Mahfud MD Tekankan Pentingnya Politik Kebangsaan

“Hal ini juga dapat meningkatkan visibilitas jurnal ini di tingkat global, memungkinkan pertukaran pengetahuan dan kolaborasi dengan para peneliti di seluruh dunia,” terangnya.

Sementara Wakil Rektor I Unusa, Prof Kacung Maridjan MA PhD mengatakan, dalam tiga tahun terakhir, jumlah publikasi dosen Unusa di jurnal-jurnal bereputasi internasional terindeks Scopus meningkat tajam. Hal itu menunjukkan bukti Unusa mampu bersaing dengan universitas negeri maupun swasta terkemuka di Indonesia.

Baca Juga:  Wisuda Unusa Hadirkan 4 Rohaniawan Agama Berbeda, Rektor Pimpin Sholawat Nabi

“Kita memang menaruh perhatian pada pendidikan dan penelitian publikasi. Karena itu, para dosen kita dorong ke sana. Termasuk anggaran, dalam tiga tahun terakhir ini kita keluarkan cukup besar untuk investasi di bidang penelitian dan pendidikan,” ungkapnya.

Prof Kacung menyatakan, prestasi tersebut tidak hanya membanggakan Unusa, namun juga mendorong seluruh akademisi Indonesia untuk terus menghasilkan riset berkualitas tinggi dan mengangkat citra Indonesia dalam kancah ilmiah global.

“Sebagai perguruan tinggi yang memiliki komitmen terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, Unusa akan terus berusaha untuk mencapai pencapaian-pencapaian gemilang ke depannya,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *