Mahfud MD Enggan Komentari Masuk Bursa Cawapres di Pilpres 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Mahfud MD, enggan berkomentar soal namanya yang masuk bursa calon Wakil Presiden (cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

“Itu termasuk politik praktis yang tidak bisa dibicarakan di kampus,” ujar Mahfud singkat usai mengisi Kuliah Umum di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Senin (16/10/2023).

Mahfud menolak memberikan tanggapannya terkait bursa cawapres yang tengah bergulir. Menurut Mahfud, bursa cawapres secara umum merupakan urusan masing-masing partai politik (parpol).

Baca Juga:  Bertemu Alim Markus, Ganjar Pranowo Mengaku Pemakai Produk Maspion

“Silakan saja partai politik memutuskan, dan segera nanti dibawa ke mekanisme yang tersedia oleh hukum. Sampai saat ini tidak ada komentar saya tentang pemilihan Presiden atau Wakil Presiden,” ungkapnya.

Mahfud menjelaskan, kampus hanya diperbolehkan untuk kampanye politik inspiratif atau politik kebangsaan saja. Bukan kampanye politik praktis.

Baca Juga:  Cak Imin Klaim Mlaku Bareng AMIN Diikuti 1,2 Juta Warga

“Tadi saya sudah memberikan seperti apa politik kebangsaan itu, tidak ada pemihakan politik, tidak ada nyuruh calon atau milih partai tertentu,” jelas Mahfud.

Menurut Mahfud, politik kebangsaan itu memiliki nilai berbangsa dan bernegara yang baik. “Demokrasi, penegakan hukum, hak asasi, itu harus diajarkan, demokrasi yang berakhlak, misalnya seperti itu,” terangnya.

Diketahui, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, sempat menyinggung nama Mahfud MD sebagai salah satu kandidat cawapres. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *