Puluhan Personil Kodim 0816 Sidoarjo Bersih-bersih Desa

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Puluhan personel Kodim 0816 Sidoarjo beserta masyarakat menggelar kerja bakti di empat titik di Kelurahan Gebang, Kecamatan Sidoarjo, Rabu (11/10/2023) pagi.

Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo menuturkan, giat kali ini merupakan pembinaan teritorial dan sudah beberapa kali dilakukan.

“Ini merupakan bakti TNI gotong-royong bersih-bersih membangun desa. Hari ini bertempat di Desa Gebang, ke depan kami telah menjadwalkan agenda serupa di wilayah lain di Kota Delta,” tuturnya.

Baca Juga:  Polisi TNI dan Forkopimka Bersihkan Sungai Desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin

Ia menambahkan, kegiatan ini mungkin dianggap sepele oleh sebagian masyarakat, namun dirinya yakin dari hal-hal kecil seperti ini akan tumbuh kepedulian masyarakat yang lebih luas akan pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Guntung beserta beberapa Danramil bersemangat turun ke sungai membersihkan eceng gondok. “Kemungkinan bulan depan akan turun hujan, maka sungai harus dibersihkan agar nanti aliran air bisa lancar, sehingga tidak sampai meluap ke jalan,” terangnya.

Guntung menyebut, menciptakan lingkungan bersih dan sehat tidak mungkin hanya bisa dilakukan personel TNI, namun butuh dukungan masif dan konsisten dari pihak lain khususnya masyarakat.

Baca Juga:  Gara-gara Kesal Banyak Sampah di Sungai, Sekelompok Anak Muda Desa di Banyuwangi, Tiap Hari Kelola Setengah Ton Sampah untuk Budidaya Maggot dan Pupuk Organik
Baca Juga:  Satbrimob Polda Jatim Salurkan Bantuan Air Bersih di Desa Gempolsari Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo

“Selain dari instansi pemerintah terkait seperti Dinas Kebersihan, kami berharap perusahaan swasta juga turut berperan karena lingkungan yang bersih dan sehat merupakan kebutuhan bersama,” jelasnya.

Ia juga berharap, tumbuh kesadaran dari masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan. “Caranya sederhana saja yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan. Harapannya agar hal tersebut menjadi contoh dan ditiru generasi selanjutnya,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo Bahrul Amig mengatakan, sudah saatnya masyarakat peduli akan pengolahan sampah di tingkat rumah tangga.

“Tidak bisa hanya mengangkut sampah dari rumah ke TPA. Itu hanya akan memperpendek umur TPA,” ucapnya.

Ia berharap, warga mengolah sampah organik menjadi pupuk. Sedangkan sampah kering dikumpulkan kolektif sehingga punya nilai ekonomis. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *