Siswa Elyon Christian School Kurangi Screen Time Lewat Coaching Clinic

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Penggunaan screen time yang berlebihan seringkali bisa berdampak kurang baik, terutama pada kesehatan. Namun, Elyon Christian School Surabaya memiliki cara tersendiri kepada para siswanya agar mengurangi penggunaan screen time. Salah satunya, dengan menggelar kegiatan coaching clinic.

Kepala SMP Elyon Christian School Surabaya, Ratna Bayu Anggraeni SPsi MPd menjelaskan, screen time adalah suatu waktu yang dihabiskan oleh mata untuk menatap layar, baik layar pada gadget, tablet, televisi, hingga video game. Kondisi tersebut sering dikaitkan dengan kebiasaan kecanduan yang berdampak pada kesehatan anak.

“Sebagai lembaga pendidikan unggulan yang berkomitmen mengedepankan pendidikan holistik, Elyon Christian School memiliki cara seru dan menyenangkan untuk mengurangi screen time para siswa,” ujar Ratna melalui keterangannya di Surabaya, Minggu (1/10/2023).

Baca Juga:  SMA Antartika Sidoarjo B Kalahkan SMKN 1 Sidoarjo A

Dengan mengusung pendekatan inovatif, lanjut Ratna, Elyon Christian School mengajak siswa siswi mengikuti kegiatan coaching clinic berkolaborasi dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Play On Community Surabaya, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dan LaSalle College Surabaya.

“Penggunaan screen time yang berlebihan, terkadang bisa memberikan dampak kurang baik. Oleh karena itu, melalui program coaching clinic ini diharapkan bisa merawat pertumbuhan holistik para siswa Elyon Christian School,” jelasnya.

Dalam coaching clinic ini, Elyon Christian School menghadirkan dua pilihan, yakni desain dan olahraga. Untuk olahraga, siswa bisa memilih futsal, play on, dan floorball. Kegiatan ini difokuskan pada dua aspek non-akademik yang signifikan dalam kerangka pendidikan holistik 5K. Yakni, Kreativitas, Kompetensi, Karakter, Kekristenan, dan Kebugaran.

Baca Juga:  KAI Gelar Open House Balai Yasa, Masyarakat Diajak Lihat Bengkel Kereta Api

“Sedangkan, tujuan utama dari coaching clinic ini sendiri adalah sebagai sarana pengenalan dan promosi olahraga baru, seperti mobil mini 4WD by Play on Community, futsal dan floorball. Sekaligus, untuk memberikan pengetahuan dan teknik yang akurat untuk meningkatkan kebugaran fisik dan sportivitas siswa,” terangnya.

Diharapkan melalui kegiatan seru ini bisa menjadi alternatif yang menarik bagi para siswa untuk mengurangi penggunaan screen time yang berlebihan.

Dalam kolaborasi kali ini, Komunitas Play on Surabaya untuk mengenalkan siswa pada mobil mini 4WD. Untuk PSSI Surabaya memberikan pelatihan futsal. Sedangkan, Unesa memperkenalkan olahraga unik Floorball. “Untuk bidang desain interior dan fashion, Elyon Christian School berkolaborasi dengan LaSalle College Surabaya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Abhipraja FC Gedangan Tekad Sapu Bersih Kemenangan di Dua Laga Sisa AAFI U-16 Surabaya

Di sisi lain, meski digelar di halaman sekolah dengan terik matahari yang sangat menyengat, para siswa terlihat antusias dan gembira, serta menikmati semua rangkaian kegiatan coaching clinic hingga selesai.

Salah satunya yang dirasakan Christian Cornor, siswa kelas 8, mengaku senang dan gembira bisa mengikuti kegiatan seru coaching clinic. Meskipun agak panas dan berkeringat tapi permainan dan olahraga ini menyenangkan. Salah satunya adalah floorball.

“Olahraga ini menarik dan seru bikin tubuh kita makin sehat dan bersemangat. Dan, yang pasti, melalui kegiatan coach clinic ini, teman teman bisa mengurangi screen time yang berlebihan,” ungkapnya.

Elyon Christian School membentuk siswa dengan pendidikan karakter, pengembangan kompentensi, dan kebugaran fisik, agar bisa mempersiapkan siswa untuk berhasil dalam semua aspek kehidupan. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *