Kukuhkan 8 Guru Besar, Rektor Unesa Dorong untuk Terjun ke Desa

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Prof Nurhasan, mendorong para guru besarnya untuk terjun langsung ke masyarakat atau desa-desa untuk menjawab berbagai persoalan yang ada di sana dari ilmu kepakarannya masing-masing. Prof Nurhasan meminta para guru besar tidak hanya berada di kampus, layaknya menara gading.

“Guru besar harus terlibat menyelesaikan permasalahan di desa, baik aspek ekonomi, UMKM, olahraga maupun kesehatan. Ilmu pakar harus bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Cak Hasan, panggilan akrab Prof Nurhasan, dalam pengukuhan 8 guru besar di kampus Unesa Lidah Wetan Surabaya, Rabu (27/9/2023).

Cak Hasan mengatakan, hari ini Unesa kembali mengukuhkan delapan profesor baru dari berbagai disiplin keilmuan. Di bulan ini, total sudah ada 15 profesor yang dikukuhkan. Unesa juga masih menunggu tiga lagi yang masih proses menuju profesor.

Baca Juga:  Tim PKM Unesa Buat Produk dari Pelepah Pisang Dilengkapi Ikon Budaya Jatim

“Pengukuhan dibagi per sesi, agar temuan dan gagasan profesor ini benar-benar tersampaikan kepada publik. Risetnya tadi menarik, ada produk pangan olahan daun kelor, bahan bakar alternatif hingga teknologi,” jelasnya.

Cak Hasan berharap, penambahan jumlah guru besar ini bisa semakin banyak kajian, temuan dan inovasi yang dihasilkan Unesa. Menurut Cak Hasan, guru besar menjadi mesin transformasi riset dan inovasi kampus Unesa.

Baca Juga:  IDI Luncurkan Pedoman Remunerasi Dokter untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Dokter

“Ini menjadi penguatan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas riset dan publikasi di berbagai jurnal bereputasi internasional termasuk Scopus. Ini penguatan menuju top 500 kampus terbaik dunia,” harapnya.

Bahkan, lanjut Cak Hasan, guru besar yang dihasilkan Unesa tahun ini sudah melampaui target. Rencananya, hanya 22 saja, namun justru tembus 29 guru besar dan 3 lagi sedang proses.

Baca Juga:  Wisuda Unusa Hadirkan 4 Rohaniawan Agama Berbeda, Rektor Pimpin Sholawat Nabi

“Untuk tahun depan, Unesa menargetkan bisa menghasilkan sekitar 30 guru besar lagi. Ini sudah kami rancang dan by design lewat program percepatan guru besar yang kami jalankan,” pungkasnya. (aci)

8 GURU BESAR ATAU PROFESOR YANG DIKUKUHKAN, RABU (27/9/2023)

1. Prof. Dr. Muhaji, S.T., M.T., Guru Besar bidang Teknologi Pembakaran dan Bahan Bakar.
2. Prof. Dr. I. Made Arsana,S.Pd.,M.T, Guru Besar bidang Perpindahan Panas.
3. Prof. Dr. Agus Wiyono, S.Pd., M.T., Guru Besar bidang Pemetaan SMK Berbasis Potensi Wilayah.
4. Prof.Dr. Rita Ismawati, S.Pd., M.Kes., Guru Besar bidang Pengembangan Produk Pangan Fungsional.
5. Prof. Dr. I. Ketut Atmaja Johny Artha,M.Kes., Guru Besar bidang Pembelajaran Orang Dewasa.
6. Prof. Dr. Imam Marsudi,M.Si., Guru Besar bidang Kepelatihan Olahraga.
7. Prof. Dr. Tri Wrahatnolo, M.Pd., Guru Gesar bidang Pendidikan Vokasi Teknik Elektro.
8. Prof. Dr. Mutimmatul Faidah,S.Ag., M.Ag., Guru Besar Keislaman bidang Tata Rias.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *