Siap Ekspansi, PLTS Terapung Cirata Klaim Miliki Kapasitas Besar di Dunia

SURABAYA, SURYAKABAR.com – PLN Nusantara Power tengah menyiapkan ekspansi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata 192 MWp. PLTS Terapung Cirata saat ini diklaim menjadi salah satu PLTS Terapung dengan kapasitas besar di dunia.

Rencana Ekspansi tersebut diperkuat dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara PLN Nusantara Power dengan Perusahaan asal Uni Emirat Arab (UEA), Masdar, pada UEA-Indonesia Economic Forum yang digelar di Hotel Raffles Jakarta.

UAE-Indonesia Economic Forum membahas kontribusi Indonesia dan UEA terhadap pertumbuhan ekonomi regional di ASEAN, serta peluang kerja sama yang sudah dan mungkin terjalin di masa mendatang.

Penandatanganan dilakukan Direktur Utama PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah dengan President Director Masdar, Fatima Almadhloum Alsuwaidi dan disaksikan langsung Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Suhail Al Mazrouei, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto, Duta Besar UEA untuk Indonesia Abdulla Salem Al Dhaheri, serta Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo.

Baca Juga:  PLN Nusantara Power Dukung Pertumbuhan Sektor Energi Lewat IEE Series 2023

Luhut menyampaikan telah membentuk satuan tugas untuk mempercepat proses kemitraan investasi antara Indonesia dan UEA. Salah satu bidang yang akan digarap adalah percepatan pengembangan energi baru terbarukan (EBT).

“Indonesia memiliki berbagai potensi pengembangan EBT yang strategis. Salah satunya adalah di Ibu Kota Negara (IKN) yang sedang dalam tahap pengembangan. Melalui forum ini investor akan dapat melihat berbagai potensi yang ada, terutama dalam bidang EBT,” ujar Luhut melalui keterangannya, Jumat (22/9/2023).

Menteri Energi dan Infrastrukur UEA, Suhail, menjelaskan kerja sama bilateral antara Indonesia dan UEA sudah terjalin melalui pembangunan PLTS Terapung Cirata. Menurut Suhail, UEA akan selalu siap dalam mendukung dan bermitra dengan industri energi terbarukan di Indonesia.

Baca Juga:  Pertamina Promosikan 10 UKM di China ASEAN EXPO 2023, Dorong UMKM Tembus Pasar Ekspor

“Saya mengucapkan selamat atas segera terselesaikannya PLTS Terapung Cirata yang merupakan proyek energi bersih. Indonesia memiliki beragam keunggulan lokasi geografis dengan potensi sumber daya alam yang melimpah,” jelas Suhail.

Direktur Utama PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah, mengatakan, harapan besar transisi energi di Indonesia melalui pengembangan PLTS Terapung Cirata. Dengan kapasitas PLTS Terapung yang sekarang mencapai 192 MWp, kata Ruly, sudah menjadi salah satu PLTS Terapung dengan kapasitas besar di dunia.

Baca Juga:  Mobil Listrik Asal Tiongkok, DFSK dan Seres Meriahkan GIIAS Surabaya 2023

“PLN Nusantara Power bekerja sama dengan Masdar untuk melakukan penelitian dalam pengembangan PLTS Terapung Cirata menjadi lebih besar. Melihat potensi dan luas lahan Danau Cirata yang bisa digunakan, ekspansi ini sangat mungkin dapat dikerjakan,” terang Ruly.

Untuk diketahui, PLTS Terapung Cirata berkapasitas 192 MWp dibangun PLN Nusantara Power melalui anak perusahaannya PLN Nusantara Renewables berkolaborasi dengan perusahaan energi Masdar dari Uni Emirat Arab yang saat ini tengah memasuki proses finalisasi dengan kepemilikan saham PLN Nusantara Renewables sebesar 51 persen dan Masdar sebesar 49 persen.

PLTS ini merupakan proyek yang akan mendukung terwujudnya Net Zero Emission pada 2060 mendatang. PLTS yang menempati area seluas 200 hektar ini akan menghasilkan energi sebesar 245 juta kWh per tahun dan dapat memasok listrik setara untuk 50.000 rumah tangga. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *