SD Muhammadiyah IV Sidoarjo Terapkan Pelajaran Tidur Siang

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah IV, Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono Sidoarjo menerapkan metode pembelajaran unik berupa mata pelajaran tidur siang.

Pelajaran tidur siang ini diyakini membuat murid lebih bugar dan meningkatkan konsentrasi khususnya di sekolah yang menerapkan full day school.

Menurut salah satu guru, Kiki Arya Wijaya, para siswa diwajibkan tidur selama 1 jam yaitu pukul 13.00 hingga pukul 14.00 WIB. Para murid tidak tidur diatas kasur, namun beralaskan karpet di dalam kelas masing masing.

Baca Juga:  Wawali Surabaya Armuji Kunjungi MPLS di SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, Ini Pesannya
Baca Juga:  BI Resmikan Laboratorium Komputer SMPN 3 Bojonegoro, Tingkatkan SDM Unggul
Baca Juga:  215 Murid SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo Diwisuda, 40 Persen Punya Prestasi Tingkat Kabupaten hingga Internasional

“Baru tahun ajaran ini kita menerapkan pelajaran tidur siang, setelah sebelumnya kami melihat para siswa kelelahan hingga tak jarang meminta untuk pulang. Alhamdulillah setelah beristirahat, konsentrasi para murid naik sehingga mampu menyerap pelajaran hingga sore,” tuturnya, Selasa (19/9/2023).

Kinanti, salah satu siswi mengaku, dengan istirahat konsentrasinya meningkat dan dia merasa senang. “Saya sangat senang dengan adanya program tidur siang ini, karena biasanya saya ngantuk dan capek saat siang. Setelah tidur saya jadi lebih semangat,” ucapnya.

Tak hanya itu saja, pihak sekolah juga meniadakan tugas untuk dikerjakan di rumah, seluruh tugas harus diselesaikan di sekolah hingga tidak membebani siswa sekolah dasar yang menerapkan full day school ini. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *