The President, Game Edukasi Cegah Golput bagi Pemilih Pemula Karya UM Surabaya

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Menjelang pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dan untuk mencegah golput, terutama di kalangan pemilih pemula, Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menciptakan The President.

The President merupakan game edukasi sekaligus sosialisasi pemilu bagi para pemilih pemula agar mengetahui gambaran, rekam jejak, hingga integritas dari figur tiga Calon Presiden (Capres) Republik Indonesia.

Sebagai upaya perguruan tinggi dalam memberikan edukasi menjelang Pilpres 2024, UM Surabaya menciptakan Game edukasi The President. Game edukasi ini dimainkan langsung 2.014 mahasiswa baru (maba) UM Surabaya di halaman kampus setempat.

Rektor UM Surabaya, Sukadiono, mengatakan, edukasi semacam ini sangat penting. Apalagi, mereka merupakan pemilih pemula, di mana memiliki proporsi terbesar pada pesta demokrasi 2024 mendatang.

Baca Juga:  1.114 Mahasiswa KKN UM Surabaya Bawa 13 Produk Inovasi

Melalui Game The President tersebut, Suko berharap para mahasiswa akan mendapatkan gambaran sekaligus sebagai sosialisasi tentang pemilu. Terutama dalam menciptakan kondisi yang aman dan jujur.

“Terutama dalam menciptakan kondisi yang aman, bebas, rahasia, jujur dan adil, mengingat mereka akan menggunakan hak pilih untuk pertama kalinya,” ujar Suko, panggilan akrab Sukadiono saat membuka Mastama, Ordik, Expo (MOX) di kampus UM Surabaya, Senin (18/9/2023).

Suko berpesan, mahasiswa harus pandai menangkal berita hoax yang dapat menimbulkan keresahan sekaligus mencegah politisasi SARA yang dapat menimbulkan provokasi di tengah masyarakat.

Selain itu, mereka juga harus pandai men-tracking rekam jejak peserta pemilu, baik partai maupun calon legislatif, calon Presiden dan Wapres. Sebab, hal itu berkaitan dengan integritas sehingga bisa menguatkan demokrasi di Indonesia.

Baca Juga:  Unesa Kukuhkan 2.088 Wisudawan dan Perdana Luluskan Mahasiswa Program RPL Desa

“Penyakit demokrasi yang harus dihindari juga intervensi politik uang. Selain menghasilkan manajemen pemerintahan yang korup, politik uang juga dapat merusak paradigma bangsa,” ungkapnya.

The President bisa dimainkan oleh siapa saja dan bisa menjadi edukasi bagi para pemilih pemula. Sehingga, bisa menghasilkan pemimpin yang aspiratif, berkualitas dan bertanggung jawab.

Untuk memainkan game yang diluncurkan UM Surabaya itu, pertama mahasiswa memilih figur tiga calon presiden yang terdiri dari Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Baca Juga:  Mahasiswa Vokasi Unair Rancang Drone Bawah Laut Jarak Jauh Berbasis Android dan AUV

Setelah memilih salah satu calon, mahasiswa akan melakukan petualangan, dalam petualangan itu mahasiswa akan mendapatkan tantangan dan reward. Di situ, jika capres terkena rintangan, kekuatannya akan hilang satu. Sebaliknya, jika mendapatkan reward, kekuatannya bertambah satu.

Salah satu mahasiswa baru UM Surabaya, Bunga Izza Alhasani, mengatakan, sebagai pemilih pemula, ia merasa terbantu dan mengetahui gambaran sosok dan figur tiga capres kontestan Pilpres 2024 mendatang.

“Di dalam game ini, ada keadilan, kejujuran, politik dinasti, korupsi, hingga integritas dari ketiga capres. Sehingga, kita jadi tahu gambaran dari masing-masing calon pemimpin, sekaligus bisa mencegah golput bagi kami mahasiswa baru sebagai pemilih pemula,” terang Bunga yang juga mahasiswa Ilmu Psikologi UM Surabaya.

Pada Game The President juga mengangkat isu-isu penting, seperti isu lumbung pangan, money politic, diskriminasi, politik dinasti, korupsi, ujaran kebencian, diskriminasi, kesehatan dan lingkungan. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *