Cak Imin Beri Motivasi dan Paparkan Tantangan Bangsa kepada 2.088 Wisudawan Unesa

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Dr (HC) H Abdul Muhaimin Iskandar MSi, hadir memberikan orasi ilmiah di hadapan 2.088 wisudawan dalam gelaran wisuda ke-107 Jenjang Ahli Madya, Sarjana, Magister dan Doktor, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) di Graha Unesa, Senin (18/9/2023).

Pada kesempatan itu, Cak Imin, sapaan akrabnya, memotivasi para wisudawan Unesa agar tidak berhenti belajar dan terus memberikan kontribusi terbaik untuk masyarakat, bangsa dan negara. Lulusan sekarang, diakuinya telah melewati berbagai masa sulit sebagai bagian dari proses pematangan kompetensi.

Masa sulit itu telah melahirkan sebuah generasi yang mendorong kemajuan dan transformasi. “Masa sulit pandemi, telah mendidik dan mengajarkan generasi dengan kompetensi digital. Di sisi lain, masa sulit ini membuat kita terus peduli terhadap lingkungan hidup dan keadaan kelanjutan bangsa ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Unesa Kukuhkan 2.088 Wisudawan dan Perdana Luluskan Mahasiswa Program RPL Desa

Menurut Cak Imin, masa sulit juga mengajarkan peran penting sains dan teknologi serta kaidah ilmiah dalam mengatasi persoalan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kesulitan pula yang mendorong masyarakat dan bangsa untuk terus menumbuhkan sense of crisis, urgensi to solve the crisis. Sehingga, semuanya bisa menjawab persoalan, baik skala personal, nasional maupun global.

“Berbagai masa sulit dan proses itulah yang perlu disyukuri. Sehingga, wisudawan kali ini istimewa dan ini tentu potensi agar kemajuan, keberlanjutan dan kepekaan serta kemampuan kita to solve the problem dalam persoalan bangsa dan dunia. Ini bisa menjadi modal bagi seluruh wisudawan dan bangsa kita pada umumnya,” katanya.

Cak Imin juga memaparkan sejumlah tantangan konteks global yang dihadapi lulusan perguruan tinggi saat ini, seperti krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial. Akibat perang dan keterpurukan ekonomi dunia berdampak langsung pada kehidupan dan menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

Baca Juga:  The President, Game Edukasi Cegah Golput bagi Pemilih Pemula Karya UM Surabaya
Baca Juga:  Mantan Mendikbud Ajak 2.154 Maba Unusa Adaptasi Pentingnya Kecerdasan Digital

Tantangan lain, seperti disrupsi zaman, dekadensi moral, kesehatan mental, hingga keadaan yang tidak berkeadilan, membutuhkan kesungguhan dan keseriusan untuk tidak lelah dalam melakukan perbaikan dalam penyempurnaan pembangunan nasional sehingga kehidupan Indonesia terus maju dan tumbuh.

“Karenanya, kita harus selalu memberikan solusi dan kita yakin Unesa beserta sivitas akademika dan lulusannya melalui tradisi akademik dan inovasi sistem pendidikannya yang kuat adalah bagian dari upaya untuk terus mengawal kualitas pendidikan sesuai tantangan zaman,” ungkapnya.

Semua pihak, termasuk Unesa harus terus melahirkan pendidikan yang maju dan merata yang mendorong terbentuknya manusia unggul dan berdaya secara lahir maupun batin. Pendidikan yang unggul untuk melahirkan masyarakat yang madani, yaitu masyarakat yang mampu menjadi bangsa yang berorientasi pada keadilan, kebinekaan dan persatuan.

“Kami harapkan lulusan memiliki profil itu, yang memiliki kesadaran untuk membentuk masyarakat. Melahirkan dan membangun masyarakat madani yang akan membawa bangsa yang berkeadilan dan berkelanjutan. Ini kita wujudkan lewat transformasi mensuskeskan pendidikan dari masa usia dini, ibu-ibu hingga lansia,” pungkas Cak Imin. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *