Mahasiswa Vokasi Unair Rancang Drone Bawah Laut Jarak Jauh Berbasis Android dan AUV

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Tim Mahasiswa Vokasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menciptakan drone underwater (bawah laut) yang dikendalikan dari jarak jauh berbasis android dan autonomous underwater vehicle (AUV).

Tim itu diketuai Sekar Marta Pharmaningtyas, dan beranggotakan Sujatmiko dan Al A’raafat Jaya Putra. Ketiganya dari prodi Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol, Fakultas Vokasi Unair.

Ketiga mahasiswa tersebut mengusung projek berjudul DRABALA: Underwater Drone Kendali Jarak Jauh dengan Aplikasi Berbasis Android Guna Membantu Penelitian Biota Bawah Laut.

Baca Juga:  Guru Besar Unair Tawarkan Pengobatan Kanker Mulut Minim Risiko Gunakan Bahan Alami

Sekar menjelaskan, Drabala dirancang menggunakan konsep hybrid aplikasi berbasis android dan Autonomous Underwater Vehicle (AUV). Fungsinya, untuk memantau dan meneliti biodiversitas sumber daya laut. Bedanya dengan drone lainnya, alat ini mampu menayangkan informasi visual keadaan bawah laut yang dapat dipantau secara realtime melalui aplikasi android berbentuk telemetri.

“Meliputi kecepatan drone, arah perjalanan drone, waktu drone menyelam, dan kedalaman drone saat menyelam,” ujar Sekar melalui keterangannya di Surabaya, Minggu (17/9/2023).

Menurut Sekar, alat ini mampu mengambil sampel untuk penilaian kondisi terumbu karang dengan metode Underwater Photo Transect (UPT). Tujuannya, untuk mengetahui presentase karang hidup, karang mati, atau komponen abiotik lain di suatu tempat penelitian.

Baca Juga:  Cegah Kebocoran Data, Dosen Untag Tekankan Pentingnya Pengumpulan Data Etis dan Legal
Baca Juga:  Mahasiswa ITS Kembangkan Alat Deteksi Udara untuk Lawan Polusi

Pembuatan prototipe ini diharapkan menjadi salah satu kontribusi dalam penanganan masalah SDGs yang tercantum pada poin ke-14, yang dapat memantau keadaan ekosistem dan biota laut. “Sehingga, kita dapat mengkonservasi lautan, atau setidaknya 10 persen kawasan laut dan pesisir sesuai dengan hukum nasional dan internasional,” katanya.

Sekar juga berharap, projek ini dapat berjalan lancar dan berhasil mencapai tujuan. Serta memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Unair terus mendorong mahasiswanya untuk berinovasi. Hasilnya, 45 kelompok berhasil mendapatkan pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023. Salah satu kelompok itu yakni kelompok PKM-KC (Karsa Cipta) yang diketuai Sekar. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *