Futsal Porprov Jatim 2023
Futsal Putra Sidoarjo Juara, Kawinkan Medali Emas Porprov Jatim VIII 2023, di Final Kalahkan Kabupaten Blitar

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Futsal putra Sidoarjo melengkapi sukses futsal putri nya di Porprov Jatim VIII 2023, setelah di final menang 6-2 atas Kabupaten Blitar di Fatkhi Futsal Center Sidoarjo, Sabtu (16/9/2023) siang.

Dua jam sebelumnya, futsal putri Sidoarjo lebih dulu merebut juara, menyusul kemenangan 6-1 atas Kabupaten Gresik. Dengan hasil itu futsal Sidoarjo berhasil mengawinkan medali emas Porprov Jatim VIII 2023.

Ini menjadi sejarah bagi futsal Sidoarjo. Sejauh ini belum ada kota/kabupaten yang berhasil mengawinkan medali emas cabang olahraga futsal di Porprov Jatim.

Baca Juga:  Futsal Putri Sidoarjo Juara Porprov Jatim VIII 2023, Final Kalahkan Gresik

Bahkan, medali emas tim putra merupakan yang ketiga dan menjadi yang terbanyak di Jatim. Dua medali emas sebelumnya diraih Sidoarjo di Porprov Jatim IV 2013 Kota Madiun dan Porprov Jatim V 2015 Banyuwangi.

Sukses cabor futsal mengawinkan medali emas mengikuti jejak cabor sepak bola yang sudah lebih dulu mengawinkan medali emas Porprov Jatim VIII 2023, Jumat (15/9/2023).

“Syukur alhamdullilah tahun ini sepak bola putra dan putri serta futsal putra dan putri bisa menyabet medali emas semua. Saya rasa ini menjadi bagian dari sebuah sejarah. Mulai Porprov I sampai Porprov VIII baru tahun ini kita bisa menyabet secara bersama-sama empat medali emas untuk sepak bola dan futsal,” ujar Budi Basuki, Ketua Asosasi Sepak Bola Kabupaten (Askab) Sidoarjo menjawab suryakabar.com usai pertandingan.

Baca Juga:  Ini Jumlah Wasit Futsal yang Bertugas di Porprov Jatim VIII 2023, Dibuat Tiga Sheet karena Hari Pertandingan Cukup Panjang
Baca Juga:  Sepak Bola Sidoarjo Ukir Sejarah di Porprov Jatim, Kawinkan Juara di Porprov Jatim VIII 2023

Seiring keberhasilan itu, Budi Basuki mengatakan, akan berusaha untuk mempertahankan raihan prestasi gemilang ini, salah satunya dengan menggulirkan kompetisi.

“Bagaimana cara mempertahankan, kalau di sepak bola yang dengan menggulirkan kompetisi internal dibagi dalam beberapa kelompok usia, demikian juga dengan di futsal kami harapkan juga ada kompetisi internal, sehingga teman-teman ini, adik-adik kita ini yang punya talenta tetap mengasah skill nya mulai dari usia dini,” urainya.

Pada laga final futsal putra, Sidoarjo menyentak dengan gol cepatnya menit pertama dari pemain Liga Futsal Profesional Bintang Timur Surabaya, Mochammad Fadlan Husein disusul gol kedua dilesakkan Achmad Guntur Ramadhan menit 4.

Perlawanan Kabupaten Blitar membuat pertandingan sempat imbang 2-2, setelah lahirnya gol Muhammad Nawaf Candra menit 5 dan Mohammad Yuda Saiful menit 11.

Usai hasil imbang itu, Sidoarjo kembali merepotkan Kabupaten Blitar dan berhasil mencetak dua gol dari Mochammad Alex Sandro menit 14 dan gol kedua dari Guntur Ramadhan menit 19. Babak pertama kedudukan 4-2 untuk keunggulan Sidoarjo.

Di babak kedua Sidoarjo menambah dua gol dari kapten tim Riko Adzil Prastyo menit 27 dan Fadlan Husein mencetak gol penutup menit 29.

Disinggung lahirnya dua gol Kabupaten Blitar di babak pertama, Head Coach futsal putra Sidoarjo, Eko M Purbo menyebut ada kurang konsistensi pemainnya dalam transisi.

“Pertandingan final ini berlangsung dalam intensitas tinggi, sehingga ketika proses transisi, anak-anak kehilangan momentum untuk menutup jalur passing membuat banyak umpan terobosan lawan membahayakan pertahanan kita,” ujar Eko M Purbo. (es)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *