Futsal Porprov Jatim 2023
Futsal Putra Sidoarjo Kalahkan Jember di Semifinal Porprov Jatim VIII 2023, Begini Komentar Head Coach Eko M Purbo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Futsal putra Kabupaten Sidoarjo kembali mencatat kemenangan dengan skor besar di Porprov Jatim VIII 2023. Tim asuhan Eko M Purbo ini mengalahkan Jember 8-1 pada laga semifinal di Fatkhi Futsal Center Sidoarjo, Kamis (14/9/2023).

Kemenangan itu sekaligus mengantar Sidoarjo melangkah ke final. Ini menjadi final keempat bagi Sidoarjo. Tiga final sebelumnya dijalani Sidoarjo di Porprov Jatim IV 2013 Madiun, Porprov Jatim V 2015 Banyuwangi dan Porprov Jatim VII 2022 Jember. Hanya sekali Sidoarjo tidak menembus final yakni di Porprov Jatim VI 2019 Tuban.

Dari tiga kali tampil di final itu, Sidoarjo dua kali merebut medali emas pada Porprov Jatim IV 2013 dan Porprov Jatim V 2015 dan kalah di Porprov Jatim VII 2022, setelah dibekuk Kota Surabaya, 1-5.

Baca Juga:  Vicky Hermansyah Korban Tragedi Kajuruhan Asal Kesambi Porong Buka Warkop

Menghadapi Jember di semifinal Sidoarjo mendominasi pertandingan sejak menit awal. Pertandingan baru bergulir tiga menit, Sidoarjo unggul 1-0.

Gol ini lahir dari kerja sama yang rapi. Pemain Liga Futsal Profesional Bintang Timur Surabaya, Mochammad Fadlan Husein memberi umpan matang kepada Achmad Guntur Ramadhani yang diteruskan menjadi gol.

Usai lahirnya gol ini, Sidoarjo tetap mengendalikan permainan. Namun mereka baru menggandakan gol menit 11. Gol kedua ini juga dari assist Fadlan Husein yang dimaksimalkan Mochammad Alex Sandro untuk menjadi gol.

Sebelum menutup babak pertama, Sidoarjo menambah gol menit 16 dari Rendy Muhammad Yusuf. Kerja sama tiga pemain Mochammad Khoirul Umam memberi umpan ke Rio Dwi Afrizal kemudian meneruskan ke Rendy Muhammad Yusuf.

Baca Juga:  Futsal Putri Sidoarjo Lolos ke Final Porprov Jatim VIII 2023, setelah Kalahkan Kabupaten Blitar

Mengawali babak kedua, pemain-pemain Sidoarjo lebih nyaman karena unggul 3-0. Babak kedua baru berjalan satu menit, Rio Dwi Afrizal membawa Sidoajo unggul 4-0.

Achmad Guntur Ramadhani mencetak gol kedua di laga ini menit 27 untuk mengubah skor menjadi 5-0. Tiga gol Sidoarjo lainnya dicetak Mochammadis Hari Karebet menit 32, gol bunuh diri pemain Jember Ivan Zacki Nurdi Saputra menit 33 dan ditutup gol Fadlan Husein menit 34. Jember memperkecil ketinggalan lewat gol Mochammad Hafid Akbar menit 38.

Head coach futsal putra Sidoarjo Eko M Purbo menyebut permainan timnya di awal babak kedua agak menurun kemudian konsisten lagi.

“Sedikit saya evaluasi terkait rotasi, sehingga saya harus berfikir terkait game plan berikutnya. Sehingga kembali trendnya ke intensitas yang tinggi. Ini yang saya inginkan dalam sebuah game pertandingan,” ujar Eko M Purbo menjawab suryakabar.com usai pertandingan.

Baca Juga:  Futsal Putra Magetan Ukir Sejarah Lolos ke Semifinal, Futsal Putra Tulungagung Lengkapi Kegagalan Tim Putri Raih Medali di Porprov Jatim VIII 2023

Disinggung tim asuhannya selalu mencetak banyak gol di setiap pertandingan di Porprov Jatim VIII 2023, mantan pelatih Bintang Timur Surabaya ini mengaku tidak pernah mamatok timnya untuk mencetak banyak gol.

“Lahirnya gol itu dari proses game plan yang berjalan dengan baik. Game plan berjalan dengan baik, saya pikir gol itu adalah bonus dari yang sudah kita latih bersama,” imbuhnya.

Eko M Purbo juga menyebut, dalam setiap latihan dia selalu menginginkan pemain berlatih dalam intensitas tinggi. “Yang saya inginkan dalam setiap latihan, memang butuh pemain yang punya kondisi fisik dan intensitas yang sangat tinggi, sehingga ketika menghadapi pertandingan dengan intensitas sedang, itu sudah selesai. Artinya, anak-anak bisa melewati pertandingan itu,” tandasnya.

Baca Juga:  Dramatis, Menang Adu Penalti Futsal Putra Jember Lolos Semifinal, setelah kalahkan Ngawi di Porprov Jatim VIII 2023

Pada Porprov Jatim VIII 2023, kemenangan Sidoarjo selalu diraih dengan skor gol cukup besar. Diawali di laga pembuka babak penyisihan, Sidoarjo menang 8-1 atas Bangkalan, kemudian mengalahkan Kota Malang, 5-1 dan menutup babak penyisihan dengan menekuk Kabupaten Pasuruan, 8-1.

Di laga 16 Besar Sidoarjo membungkam Gresik, 13-1. Kemudian di perempat final Sidoarjo menang 7-0 atas Ponorogo dan di semifinal menundukkan Jember 8-1.

Total dari enam pertandingan Sidoarjo sudah mencetak 49 gol atau rata-rata 8,1 gol setiap pertandingan dan kebobolan lima gol. (es)       

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *