Porprov Jatim 2023
Judo Surabaya Rebut Juara Umum Porprov Jatim VIII 2023

MOJOKERTO, SURYAKABAR.com – Judo Surabaya merebut juara umum Porprov Jatim VIII 2023, seiring keberhasilannya meraih 15 medali emas, 2 perak dan 4 perunggu.

Cabang olahraga (cabor) judo Porprov Jatim VIII 2023 mempertandingkan 21 nomor yang digelar di SMAN 1 Puri Kabupaten Mojokerto, 9-13 September 2023.

Posisi kedua klasemen akhir perolehan medali cabor judo ditempati Sampang dengan mendulang 2 emas dan 3 perunggu. Dua emas Sampang direngkuh dari nomor juno kata dan nagone kata.

Baca Juga:  UPDATE: Jadwal Semifinal dan Hasil Lengkap Perempat Final Futsal Porprov Jatim VIII 2023

Pejudo-pejudo Sampang meraih dua emas di dua nomor tersebut, setelah mengalahkan pesaing-pesaingnya, yakni Surabaya dan Banyuwangi.

Selanjutnya Kota Malang dan Kabupaten Pasuruan berada di peringkat ketiga, menyusul raihan medali masing-masing sama, yakni 1 emas, 3 perak dan 3 perunggu.

Ketua Pengprov Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Jatim, Yoyok Subagiono menuturkan, Surabaya masih mendominasi. Tapi sudah mulai ada pemerataan medali dibanding Porprov Jatim 2022. Kota Malang, Kabupaten Pasuruan bisa mencuri emas.

Baca Juga:  Renang Kabupaten Sidoarjo Raih 20 Medali di Porprov Jatim VIII 2023
Baca Juga:  Futsal Putra Magetan Ukir Sejarah Lolos ke Semifinal, Futsal Putra Tulungagung Lengkapi Kegagalan Tim Putri Raih Medali di Porprov Jatim VIII 2023

“Sampang tampil mengejutkan. Atlet-atletnya baru latihan lima bulan, kami beri kesempatan latihan bersama atlet Puslatda PON Jatim di Dojo Surabaya,” ujar Yoyok usai penutupan judo Porprov Jatim VIII 2023, Rabu (13/9/2023).

Sampang meraih dua emas di nomor kata yang biasanya dijuarai Surabaya, Tapi kali ini dikuasai Sampang yang baru lima bulan latihan. “Ini merupakan lompatan positif, dan kedepan harus ada pemerataan prestasi,” harap Yoyok.

Yoyok Subagiono yang merupakan anggota Bidang Binpres KONI Jatim menuturkan, setelah perhelatan Porprov Jatim VIII 2023 ini akan dilakukan evaluasi. Jika menurut tim evaluasi ada atlet yang bagus, nanti atlet akan dikirim ke Piala KASAD pada Oktober 2023.

“KASAD Cup itu kejuaraan bersifat nasional yang bermain atlet-atlet Puslatda PON, junior dan anak-anak. Hasil penjaringan dari Porprov, nanti juniornya akan kami kirim,” tutup Yoyok. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *