Futsal Porprov Jatim 2023
Ini Rekor Futsal Putra Surabaya yang Tidak Terkalahkan dalam 20 Pertandingan di Porprov Jatim, Akhirnya Tumbang

SIDOARJO, SURYAKABARA.com – Cabang olahraga futsal Porprov Jatim VIII 2023 diwarnai kejutan. Ini seiring patahnya rekor futsal putra Kota Surabaya yang tidak tersentuh kekalahan selama 20 pertandingan terakhir di Porprov Jatim.

Terakhir kali Surabaya menelan kekalahan di semifinal Porprov Jatim V 2015 di Banyuwangi. Kala itu Surabaya dibekuk Sidoarjo 4-7. Sidoarjo akhirnya merebut medali emas Porprov Jatim 2015, setelah di final menang 6-2 atas Banyuwangi.

Usai kekalahan di semifinal, Surabaya bangkit di perebutan medali perunggu. Surabaya yang di Porprov Jatim V 2015 diarsiteki Saidong ini berhasil merebut medali perunggu dengan mengalahkan Kabupaten Blitar 6-2.

Sejak kemenangan di perebutan medali perunggu Porprov Jatim V 2015 itu, futsal Surabaya tidak terkalahkan sepanjang 20 pertandingan.

Baca Juga:  Wali Kota Eri Cahyadi Saksikan Laga Final, Futsal Putra Surabaya Pertahankan Juara

Pada Porprov Jatim VI 2019 di Tuban, Surabaya tampil mulai babak kualifikasi. Jajaran pelatih futsal putra Surabaya diisi Ambar Supriyanto, Ali Alhamid dan Guntur Triadi serta Manajer Tim Arief Johan.

Ketangguhan Surabaya sudah terlihat sejak babak kualifikasi. Lima kali bertanding sapu bersih kemenangan. Sukses ini membawa Surabaya sebagai juara Grup C sekaligus lolos ke Porprov Jatim VI 2019 di Tuban.

Dominasi Surabaya di putaran final Porprov Jatim VI 2019 tidak ada yang mampu menandingi. Mulai babak penyisihan hingga final sapu bersih kemenangan.

Surabaya tampil sebagai juara sejati dan merebut medali emas. Ini menjadi emas pertama futsal Surabaya di Porprov Jatim.

Sebagai juara bertahan, Surabaya tidak perlu tampil di babak kualifikasi pada Porprov Jatim VII 2022 di Jember. Surabaya mendapat wild card dan langsung tampil di Porprov Jatim VII 2022.

Baca Juga:  Futsal Putra Surabaya Juara Porprov Jatim 2022, Raja Futsal Jatim Masih Dipegang Sidoarjo, Ini Klasemennya
Baca Juga:  Futsal Putra Surabaya Juara Sejati Porprov Jatim 2019

Komposisi pelatih dan manajer tim tidak ada perubahan. Masih sama seperti pada Porprov Jatim VI 2019. Jajaran pelatih diisi Ambar Supriyanto, Ali Alhamid dan Guntur Triadi serta Manajer Tim Arief Johan.

Berbeda dengan Porprov Jatim VI 2019, perjalanan Surabaya di Porprov Jatim VII 2022 gagal sapu bersih kemenangan.

Pada babak penyisihan, Surabaya tampil tiga kali. Hasilnya, dua kali menang dan satu kali seri. Dua kemenangan diraih dengan mengalahkan Bojonegoro 4-2 dan tuan rumah Jember 2-1.

Nah ini, satu-satunya tim yang berhasil menahan imbang Surabaya yakni Pamekasan. Kedua tim bermain imbang 3-3. Raihan tujuh poin di babak penyisihan itu mengantar Surabaya ke perempat final.

Mulai perempat final hingga final, Surabaya kembali sapu bersih kemenangan, sekaligus mempertahankan juara dan merebut medali emas yang kedua kali.

Pada Porprov Jatim VIII 2023 di Sidoarjo, komposisi pelatih dan manajer tim futsal putra Surabaya berubah total. Jajaran pelatih Ambar Supriyanto, Ali Alhamid dan Guntur Triadi serta Manajer Tim Arif Johan tidak lagi berada di tim futsal putra Surabaya.

Baca Juga:  Futsal Putra Kabupaten Blitar Sapu Bersih Kemenangan di Babak Penyisihan Porprov Jatim VIII 2023, Ini Alasannya Rebut Juara Grup

Awalnya, jajaran pelatih diisi Saidong dan Anugrah Zulfitrah. Kemudian menjelang Porprov Jatim VIII 2023 ada perubahan, Anugrah Zulfitrah naik menjadi pelatih didampingi Utomo Suryodiputro.

Mengawali pertandingan babak penyisihan Porprov Jatim VIII 2023, Surabaya menang tipis 4-3 atas Kabupaten Ngawi. Setelah itu pada laga kedua babak penyisihan, Surabaya ditahan Kota Madiun 2-2.

Hasil dua pertandingan awal itu seakan menjadi alarm tanda bahaya bagi Surabaya. Nah, di pertandingan terakhir penyisihan grup, Surabaya dikejutkan dan harus menerima kenyataan menelan kekalahan 0-2 dari Kabupaten Tulungagung.

Buntut hasil pertandingan kontra Tulungagung ini, tidak saja membuat Surabaya tersingkir dari Porprov Jatim VIII 2023, tetapi juga rekor panjang Surabaya yang tidak tersentuh kekalahan sepanjang 20 laga, akhirnya tumbang.

Rekor panjang tidak tersentuh kekalahan dalam 20 laga di Porprov Jatim ini akan menjadi sejarah indah bagi futsal putra Surabaya dan mereka yang terlibat di dalamnya.

Setelah ini, futsal putra Surabaya tentunya segera berbenah menyambut Porprov Jatim IX dengan memulai memutar kompetisi yang vakum sejak pandemi Covid-19. (es) 

REKOR SURABAYA TAK TERKALAHKAN DI PORPROV JATIM 

PORPROV JATIM V 2015 BANYUWANGI
SEMIFINAL
Sidoarjo 7-4 Surabaya (kekalahan terakhir)

PEREBUTAN PERUNGGU
Surabaya 6-2 Kabupaten Blitar

PORPROV JATIM VI 2019 TUBAN
BABAK KUALIFIKASI
Kota Blitar 3-8 Surabaya
Kabupaten Malang 1-9 Surabaya
Surabaya 10-3 Bondowoso
Surabaya 11-0 Sumenep
Surabaya 9-2 Pamekasan

BABAK PENYISIHAN
Surabaya 8-1 Pamekasan
Bangkalan 1-2 Surabaya
Surabaya 7-2 Bojonegoro

PEREMPAT FINAL
Surabaya 8-2 Kabupaten Blitar

SEMIFINAL
Surabaya 4-2 Sidoarjo

FINAL
Surabaya 4-1 Kota Malang

PORPROV JATIM VII 2022 JEMBER
BABAK PENYISIHAN
Surabaya 4-2 Bojonegoro
Pamekasan 3-3 Surabaya
Jember 1-2 Surabaya

PEREMPAT FINAL
Surabaya 13-1 Magetan

SEMIFINAL
Surabaya 4-1 Bangkalan

FINAL
Surabaya 5-1 Sidoarjo

PORPROV JATIM VIII 2023 SIDOARJO
BABAK PENYISIHAN
RABU, 30 AGUSTUS 2023
Kota Surabaya 4-3 Kab Ngawi

MINGGU, 3 SEPTEMBER 2023
Kota Madiun 2-2 Kota Surabaya

KAMIS, 7 SEPTEMBER 2023
Kota Surabaya 0-2 Kab Tulungagung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *