Unggul FC Malang Gandeng Asisten Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Berbagi Ilmu dengan Forum Komunitas Pelatih Futsal Malang Raya

MALANG, SURYAKABAR.com – Manajemen Unggul FC Malang berbagi ilmu dengan para anggota Forum Komunitas Pelatih Futsal Malang Raya, Rabu (6/9/2023). Dalam agenda yang dihelat di Unggul Sport Center (USC) ini, penyelenggara menggandeng staf pelatih Timnas Indonesia.

Forum Komunitas Pelatih Futsal Malang Raya ini berisikan sejumlah pelatih futsal dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Mereka mendapatkan ilmu-ilmu baru dari Asisten Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Sayan Karnadi.

Manager Unggul FC Malang, Usa Laksono mengatakan, pihaknya sengaja mewadahi para pelatih futsal se-Malang Raya. Terlebih kehadiran staf pelatih Timnas Futsal Indonesia yang berbagi banyak ilmu, baik teori di kelas maupun praktik langsung di lapangan.

Baca Juga:  Timnas Futsal Indonesia Gelar Pemusatan Latihan di Unggul Sports Center

“Kami Unggul FC Malang ingin mewadahi, memfasilitasi, dan mengedukasi para pelatih futsal se-Malang Raya. Bagaimana sih coaching process yang benar dari ahlinya di Timnas Futsal Indonesia,” kata Usa.

“Selain itu, kalau gak terbentur waktu dan halangan, kami ingin membuat sebuah terobosan, dengan mengadakan sebuah turnamen kategori U-16. Semoga sesuai harapan coaching staf di Malang Raya.”

Asisten Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Sayan Karnadi membocorkan beberapa poin tujuan digelarnya diskusi bersama Forum Komunitas Pelatih Futsal Malang Raya ini.

Baca Juga:  Juara Bertahan Surabaya Kalah dan Tidak Lolos ke 16 Besar Porprov Jatim VIII 2023

Menurutnya, salah satu tugas mulia mereka adalah membantu Unggul FC Malang melahirkan bibit-bibit berbakat untuk Timnas Futsal Indonesia.

Menurut Sayan, pihaknya dalam acara ini hanya memberikan gambaran bagaimana futsal yang lebih modern dengan segala perkembangan yang sekarang. Mulai bagaimana caranya menyerang yang baik, bertahan yang baik, transisi, dan ditambah setplay dan powerplay.

“Saya juga memberikan materi teori bagaimana tahapan melatih, memberikan training kepada pemain, basic, function, advance, dan situasinya. Bagaimana setiap pemain bisa memahami konsep yang diberikan. Intinya bagaimana kita bisa bermain lebih efektif sebagai tim, bukan sekadar individu,” kata Sayan.

“Harapannya, muncul bibit-bibit atlet futsal berbakat dari Malang Raya, yang mewakili daerah mereka mengikuti Porprov, atau tim PON Jawa Timur. Yang utama, agar ke depannya Unggul FC Malang bisa memunculkan pemain-pemain Timnas Futsal Indonesia dari Malang.”

Baca Juga:  UPDATE: Tiga Juara, Tulungagung, Kota Malang dan Surabaya Kalah di Hari Ke 10, Ini Hasil Lengkap dan Klasemen Grup J, K, C dan D

Salah satu peserta, Rizal Ahmad Fatoni mengaku banyak mendapatkan ilmu dalam acara ini. Pria yang merupakan pelatih tim futsal Kuantanamo itu tak hanya mendapatkan teori, tapi juga bisa merasakan sendiri praktiknya.

“Sebagai pelatih, kita gak bisa mempraktikkan di lapangan tanpa bisa mempersiapkannya secara tertulis,” ujar Aiboy, sapaan akrabnya.

Senada dengan hal itu, peserta lainnya, Fandi Perwira Pamungkas mengungkap kegirangannya berkesempatan untuk meningkatkan level ilmu kepelatihannya lewat agenda ini.

Akademisi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang (FIK UMM) itu menyebut banyak manfaat yang didapatkannya.

“Selain untuk upgrade ilmu, kita jadi tahu bagaimana membangun program latihan, pengaplikasiannya, dan mengatur intensitas latihan tersebut. Nantinya bisa ditularkan, dikembangkan, entah itu ke tim sendiri, dan kalau ada kesempatan bisa berkontribusi untuk futsal Kota Malang,” tandasnya. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *