Ketua PB Porprov Jatim VIII 2023 Ali Affandi Buka Perlombaan Berkuda

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Cabang olahraga (cabor) berkuda Porprov Jatim VIII 2023 mulai digelar, Kamis (7/9/2023). Ketua PB Porprov Jatim VIII 2023, Ali Affandi membuka perlombaan cabor berkuda Porprov Jatim VIII 2023 di lapangan Yussar Stable and Riding, Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kamis (7/9/2023).

Porprov Jatim 2023 merupakan edisi pertama cabor berkuda mulai dilombakan. “Baru pertama kali ini cabor berkuda resmi dilombakan di Porprov Jatim. Sidoarjo menjadi tuan rumah yang luar biasa sekali sekaligus sebagai saksi sejarah dalam dunia olahraga khususnya cabor berkuda equestrian,” tutur Ali Affandi.

Ia berharap, cabor berkuda bisa menyiapkan atlet untuk berlaga di PON selanjutnya. “Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa ke tingkat Internasional,” imbuhnya.

Baca Juga:  Berkuda Kabupaten Sidoarjo Target Juara Umum Porprov Jatim VIII 2023

Sementara itu, Ketua Panitia Cabor Berkuda Equestrian, Zahlul Yussar mengatakan, meskipun baru dilombakan di Porprov, ada 8 kelas yang dilombakan dengan total 60 atlet yang sudah terdaftar.

“Alhamdulillah ini luar biasa sekali ada 80 kuda se Jatim yang masuk ke Sidoarjo dan ini merupakan sejarah bagi Sidoarjo menjadi venue dan tuan rumah. Apalagi berkuda menjadi cabor baru di Porprov Jatim 2023,” ucap Zahlul yang juga mantan atlet berkuda nasional ini.

Pada cabor berkuda equestrian ini terdiri dari 3 kategori yaitu tunggang serasi, jumping, dan speed clas.

Baca Juga:  UPDATE: Hasil Pertandingan Lengkap Porprov Jatim 2023, Jadwal 7 September 2023, Klasemen Akhir Grup A, B dan I
Baca Juga:  Prosesi Pengambilan Api Mengawali Perhelatan Porprov Jatim VIII 2023

“Equestrian sediri adalah cabor berkuda yang terdiri dari tiga jenis utama yaitu dressage, jumping, dan eventing. Ketiga jenis ini memiliki peraturan dan persyaratan yang berbeda, tetapi semuanya melibatkan kuda dan pengendara yang bekerja sama untuk mencapai tujuan mereka dalam kompetisi,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua KONI Kabupaten Sidoarjo, Franki Effendi menyampaikan, ada 53 cabor dalam gelaran Porprov Jatim tahun ini yang semua atlet Sidoarjo mengikutinya termasuk cabor baru berkuda equestrian ini.

“Atlet Pordasi di Sidoarjo paling banyak daripada kontingen lainya. Target berkuda Sidoarjo juara umum. Di samping banyak kelas yang kita ikuti prestasi Sidoarjo juga sudah mencapai Nasional, kami punya prestasi, ingin karya sejati, dan prestasi sejati,” harap Franki. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *