Futsal Porprov Jatim 2023
Futsal Putra Tuban Menang 5-1 Lawan Kota Blitar, sudah Unggul Tuban Mainkan Powerplay

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Futsal putra Tuban meraih kemenangan pertama di babak penyisihan Grup C Porprov Jatim VIII 2023, setelah mengalahkan Kota Blitar 5-1 di Fatkhi Futsal Center Sidoarjo, Minggu (3/9/2023) petang.

Pada pertandingan sebelumnya, Tuban menelan kekalahan 2-5 dari Jember. Itu sebabnya, berbekal raihan tiga poin ini, peluang Tuban lolos ke 16 Besar menjadi terbuka. Tuban akan menjalani laga terakhir penyisihan grup melawan Lamongan, Kamis (7/9/2023).

Gol pembuka kemenangan Tuban baru lahir menit 8 lewat Rafif Fa’adihillah disusul gol kedua yang dicetak Nicky Raditya Pradita menit 15. Keunggulan Tuban 2-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Baca Juga:  Futsal Putra Lamongan Gelontor Jember Tiga Gol Tanpa Balas di Porprov Jatim VIII 2023

Berbeda dengan babak pertama, Tuban kesulitan mencetak gol, di babak kedua tim asuhan Ricky Bayu ini memborong dua gol cepat lagi-lagi lewat Rafif Fa’adihillah menit 21 dan Nicky Raditya Pradita menit 22.

Kebobolan dua gol cepat di awal babak kedua, membuat permainan Kota Blitar makin panik. Buntutnya, menit 23 Anjar Prasetyo membuat gol bunuh diri, sekaligus mengubah kedudukan 5-0 untuk keunggulan Tuban.

Sukses mencetak tiga gol cepat di awal babak kedua sekaligus memimpin 5-0, Head Coach Tuban, Ricky Bayu memainkan strategi powerplay.

Baca Juga:  Kejutan, Futsal Putra Kota Madiun Tahan Imbang Juara Bertahan Surabaya, Head Coach Kota Madiun: Imbang Serasa Menang
Baca Juga:  Hasil Pertandingan Lengkap dan Klasemen Sementara Porprov Jatim VIII 2023, Tiga Tim Putra sudah Lolos ke 16 Besar

Strategi powerplay banyak dilakukan bagi tim yang ketinggalan gol. Targetnya untuk mencetak gol. Ini karena strategi powerplay merupakan strategi agresif dengan menempatkan lima pemain sekaligus termasuk kiper sebagai pemain untuk menyerang lawan.

Ditanya kenapa memainkan powerplay, padahal timnya unggul 5-0, Ricky Bayu menyebut hal itu untuk membiasakan pemain agar ketika strategi powerplay itu dibutuhkan pada laga terakhir penyisihan grup, pemain sudah tidak canggung.

“Bahkan ketika powerplay, kami tidak mengganti kiper M Aliffirohman dengan pemain depan. Kiper Aliifirohman kami dorong posisinya untuk ikut menyerang,” ujar Ricky Bayu menjawab suryakabar.com usai pertandingan.

Strategi powerplay tersebut gagal menambah gol, malah gawang Tuban kebobolan satu gol menit 39 dari Titan Rios Anggara. (es)          

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *