Bupati Gus Muhdlor Apresiasi Lomba dan Pameran Foto Forum Wartawan Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Forum Wartawan Sidoarjo (Forwas) menggelar pameran foto di paseban kompleks Alun-alun Sidoarjo, Senin (4/9/2023) sore.

Puluhan foto yang dipamerkan merupakan foto-foto karya peserta Lomba Foto Agustusan 2023 yang digelar para wartawan yang tergabung dalam Forwas. Dari ratusan foto yang masuk, dipilih foto-foto terbaik untuk dipamerkan.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor, Ketua DPRD Sidoarjo Usman, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Sidoarjo terlihat hadir.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mengapresiasi acara tersebut. Ia menyampaikan, edukasi mengenai fotografi perlu dikuatkan, terutama untuk siswa pehobi fotografi sebagai penunjang bakatnya.

Baca Juga:  favehotel Sidoarjo Peringati Hari Fotografi Dunia, Gelar Kompetisi Fotografi, Abadikan Tiga Model Berbeda

“Ke depan, acara seperti ini perlu dibuat lagi yang lebih meriah dan skala yang lebih besar. Terutama sebagai wadah edukasi untuk siswa, wadah bagi para mahasiswa, serta wadah bagi para pehobi dan pegiat forografi di Sidoarjo,” ujar Gus Muhdlor.

Melalui karya foto, lanjut Gus Muhdlor, kita bisa menunjukan banyak hal. Karena foto yang bagus tentu bisa menggambarkan banyak hal tentang keragaman Sidoarjo.

“Zaman sekarang ini kalau mau foto-foto cukup menggunakan handphone, sangat mudah. Tak perlu pakai kamera mahal. Sehingga forografi sudah bukan barang langka bagi kita semua,” lanjutnya.

Menurutnya, karya foto itu membekukan waktu dan bisa menjadi perjalanan sejarah perkembangan suatu kota.

Baca Juga:  Mahasiswa Program Studi Visual Communication Design Universitas Ciputra Surabaya Siapkan Foto Kenangan Terindah bagi Oma Opa Lanjut Usia

Ratusan pelajar juga terlihat antusias menyaksikan pameran dan mengikuti acara coaching clinic fotografi yang digelar di acara pameran.

“Semua foto yang dipamerkan ini merupakan hasil jepretan aktivitas Agustusan di berbagai daerah di Kota Delta yang dipotret peserta lomba. Bukan foto karya wartawan,” ucap Ketua Forwas, M Taufik.

Dalam coaching clinic fotografi, Fotografer Associated Press (AP), Trisnadi, memberikan banyak tips kepada pengunjung pameran dan para siswa yang hadir.

Baca Juga:  PLN UP3 Surabaya Utara bersama SSCS Resmikan Kelas Fotografi dan Multimedia

Tentang pengambilan angle, komposisi warna, kelengkapan gambar, hingga ekspresi pada obyek yang harus direkam dan ditonjolkan dalam fotografi.

“Semakin sering motret, kita akan semakin mahir. Yang penting jangan malu bertanya dan terus belajar,” kata Trisnadi.

Pameran Fotografi Semarak Kemerdekaan Republik Indonesia yang digagas Forwas  sengaja dibuat untuk mewadahi kreativitas para pehobi foto di Sidoarjo.

Acara diawali lomba foto lewat Instagram bertema Semarak Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 selama bulan Agustus, kemudian karya-karya terbaik peserta lomba dipamerkan di Alun-alun Sidoarjo. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *