Futsal Porprov Jatim 2023
Futsal Putra Sidoarjo Kalahkan Kota Malang, Lolos 16 Besar Porprov Jatim VIII 2023

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Tuan rumah futsal putra Sidoarjo memastikan lolos ke 16 Besar Porprov Jatim VIII 2023, menyusul kemenangan 5-1 atas Kota Malang di babak penyisihan Grup A di Fatkhi Fultsal Center Sidoarjo, Sabtu (2/9/2023) malam.

Ini merupakan kemenangan kedua Sidoarjo, setelah di laga pertama menang telak 8-1 atas Bangkalan. Seiring hasil itu, Sidoarjo memimpin klasemen sementara Grup A mengumpulkan enam poin.

Apapun hasil pertandingan di laga terakhir penyisihan grup melawan Kabupaten Pasuruan, Rabu (6/9/2023) sudah tidak berpengaruh lagi bagi Sidoarjo.

Sidoarjo bekerja keras ketika mengawali pertandingan melawan Kota Malang. Lima menit pertama, Kota Malang lebih banyak menekan pertahanan Sidoarjo.

Baca Juga:  Futsal Putra Bangkalan Menang Tipis Lawan Kabupaten Pasuruan, Buka Peluang Lolos 16 Besar Porprov Jatim VIII 2023

Peluang-peluang Kota Malang berhasil digagalkan kiper Aprilius Amanah Bentriska yang tampil gemilang di laga ini. Pemain lincah, Achmad Guntur Ramadhan memecah kebuntuan Sidoarjo dengan mencetak gol pembuka menit 13. Guntur dengan cepat meneruskan bola tendangan penjuru untuk menjebol gawang Kota Malang.

Pertandingan berlangsung dalam tempo tinggi. Sidoarjo baru bisa menambah dua gol menjelang babak pertama berakhir.

Gol kedua Sidoarjo yang dicetak Mochammad Alex Sandro menit 18 merupakan assist matang dari pemain Liga Futsal Profesional, Bintang Timur Surabaya, Mochammad Fadlan Husein.

Berselang satu menit, kapten tim Riko Adzil Prastyo berhasil memenangi perebutan bola di daerah sendiri di sekitar lingkaran tengah.

Riko mendribel bola hingga mendekati circle Kota Malang kemudian memberikan umpan ke Rendy Muhammad Yusuf yang berdiri bebas. Tanpa kesulitan Rendy tinggal meneruskan bola ke gawang Kota Malang.

Baca Juga:  Sukses GBK Djaguar FC Sumenep Juara Linus Futsal Jatim 2023, Futsal Sumenep Makin Semarak

Di babak kedua, Kota Malang sempat menipiskan ketinggalan menjadi 1-3, menyusul lahirnya gol yang dicetak Sahrul Fadli Romadhon menit menit 24.

Setelah itu, peluang-peluang Kota Malang kembali menemui kebuntuan, di antaranya berkat kecemerlangan kiper Aprilius Amanah yang beberapa kali menggagalkan peluang Kota Malang.

Sidoarjo menambah dua gol yang diborong Fadlan Husein menit 28 dan 38. Dua gol ini sama-sama indah. Gol Alan, panggilan Fadlan Husein menit 28, tercipta berkat ketenangan dan skill bagus yang dimiliki Alan.

Dari sisi kanan pertahanan Kota Malang, Alan menguasai bola. Kiper Kota Malang, keluar sarang sambil menjatuhkan badan untuk menutup ruang tembak Alan. Namun Alan tidak melepas tendangan keras, bola dichip, sehingga melintas pelan di atas badan kiper Kota Malang.

Gol kedua Alan di laga ini lahir dari kerja masa satu dua dengan Mochammad Alex Sandro. Sambil berlari Alan memberikan umpan ke Alex Sandro yang berada di sisi kiri pertahanan Kota Malang.

Kiper Kota Malang keluar untuk menutup pergerakan Alex Sandro, namun Alex Sandro tidak melepas tendangan justru kembali memberikan bola ke Alan yang berdiri bebas di mulut gawang. Dengan leluasa Alan meneruskan bola ke gawang yang kosong.

Baca Juga:  Ketua KONI Sumenep Datang, Pemain Futsal Sumenep Full Senyum, Bonus Langsung Cair

Seiring kekalahan ini Kota Malang dituntut kerja keras di laga terakhir penyisihan grup melawan Bangkalan, Rabu (6/9/2023). Kedua tim sama-sama memiliki tiga poin.

Head Coach futsal putra Sidoarjo, Eko M Purbo menyebut satu gol Kota Malang yang bersarang ke gawang timnya akibat konsentrasi pemain lepas.

“Intensitas pertandingan tinggi dan saat menit-menit rawan terjadinya gol, kadang konsentrasi pemain loss. Terkait game plan ada pemain yang loss satu, sehingga pihak lawan bisa cetak gol,” ujar Eko M Purbo menjawab suryakabar.com usai pertandingan.

Gol Kota Malang ini lahir dari pemain yang berada di tiang dua meneruskan umpan silang dari sisi pinggitr lapangan. “Mestinya ada pemain yang potong bola, ternyata dia ball watching. Harusnya dia tutup jalur passing, karena intensitas pertandingan tinggi mereka tidak melakukan itu,” urainya. (es)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *