SMPN 3 Sidoarjo Gelar Culture Festival untuk Memupuk Cinta Budaya Bangsa

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – SMPN 3 Sidoarjo menggelar Culture Festival serta pameran kewirausahaan yang digelar di halaman sekolah, Kamis (31/8/2023).

Kegiatan ini untuk memfasilitasi kreativitas murid dengan menampilkan tarian kebudayaan dari berbagai suku di Nusantara yang diperagakan pelajar kelas 7 dan 8.

“Culture Festival kali ini mengangkat tema kebhinekaan. Kami juga menggelar pameran olahan berbahan dasar telur asin,” tutur Kepala SMPN 3, Lilik Sulistyowati.

Baca Juga:  Murid-murid SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo Raih Prestasi Nasional hingga Internasional

Lilik mengatakan, kebhinekaan merupakan aset bangsa, sedangkan olahan telur asin merupakan aset Kabupaten Sidoarjo, karena Kota Delta memiliki kampung sentra bebek dan telur asin yang berada di Desa Kebonsari, Kecamatan Candi.

“Kegiatan ini juga merupakan implementasi kurikulum merdeka sebagai pedoman dalam belajar mengajar sebagai upaya pembentukan karakter sekaligus untuk membentuk dan memupuk rasa cinta budaya bangsa pada semua murid,” terangnya.

Baca Juga:  Siswa SD, MI, SMP, MTs dan MA di Lumajang Terima Seragam Gratis dari Pemkab Lumajang

Dalam even kali ini, SMPN 3 Sidoarjo menggandeng perajin telur asin dari Desa Kebonsari. “Para perajin memeragakan cara pembuatan telor asin sekaligus membuat aneka olahan telur asin, sehingga para murid bisa mengetahui potensi kewirausahaannya,” imbuhnya.

Baca Juga:  Resmikan Ruang Cinema SMAN 4 Sidoarjo, Ini Pesan Bupati Gus Muhdlor

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Tirto Adi sangat mengapresiasi agenda di SMPN 3 Sidoarjo ini.

“Festival seni budaya maupun kewirausahaan seperti ini patut ditiru sekolah lain di Kabupaten Sidoarjo, karena lembaga sekolah berkewajiban memfasilitasi bakat dan kreativitas murid-muridnya agar memiliki karakter berpedoman Pancasila serta mempunyai jiwa kewirausahaan yang unggul,” harapnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *