Berita Sidoarjo
Cuaca Panas Akibatkan Daya Tahan Tubuh Menurun ini Saran Dokter Andre Yulius

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Cuaca panas yang akhir-akhir ini melanda membuat banyak orang menderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa), atau peradangan yang bisa mengakibatkan daya tahan tubuh menurun sehingga rentan terserang penyakit.

Pemilik Andre Medical Center, dr Andre Yulius mengatakan, cuaca ekstrem dan pemanasan global yang terjadi kali ini juga bisa mengakibatkan suhu meninggi mulai 33 hingga 38 bahkan sampai 40 derajat celcius.

“Nah, kondisi ini bisa menurunkan sistem imunitas tubuh yang mengakibatkan munculnya berbagai penyakit karena terdampak virus dan bakteri. Hal ini bisa mengakibatkan Ispa dan berdampak batuk dan pilek serta radang atau infeksi tenggorokan,” tuturnya, Jumat (1/9/2023) siang.

Baca Juga:  Antisipasi Cuaca Ekstrem, Pemkot Surabaya Minta Pemilik Bangunan Reklame Kuatkan Konstruksi
Baca Juga:  PLTGU Muara Karang Sumbang Pengurangan Emisi 900.000 Ton per Tahun

Hal yang kedua muncul menurutnya adalah pusing dan vertigo. “Karena panas dan dehidrasi berlebihan yang mengakibatkan keletihan, kelemahan, lambung, tiphus serta gangguan sakit mata karena radiasi panas,” ucapnya.

Untuk mengatasi kondisi buruk ini, pegiat sosial ini menyarankan minum air yang cukup. “Kalau biasanya 2,5 liter maka dalam kondisi ini diharuskan menambah konsumsi air. Hal lain yang juga disarankan adalah mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran serta istirahat yang cukup. Yang juga penting adalah membatasi aktivitas di luar ruangan,” jelas Andre.

Andre melanjutkan, makanan yang harus dikurangi adalah makanan pedas, kecut, kopi, gorengan serta air es karena bisa menguragi sistem keseimbangan tubuh. “Kondisi seperti ini diprediksi terjadi hingga Oktober nanti,” imbuhnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *