Lepas 609 Wisudawan, Rektor UB Prof Widodo: Jangan Berhenti Kembangkan Potensi Diri

MALANG, SURYAKABAR.com – Universitas Brawijaya (UB) menggelar Wisuda Periode I tahun akademik 2023/2024 di Gedung Samantha Krida UB, Sabtu (26/8/2023). Periode kali ini wisuda diikuti 609 wisudawan dari berbagai program studi.

Rektor UB Prof Widodo menyampaikan, alumni UB cenderung lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan atau bahkan menjadi entrepeneur yang membuka lapangan pekerjaan.

“Kita tidak hanya ingin dikenal nasional tapi internasional, sehingga sistem pendidikan kita bisa terakrediatasi oleh lembaga akreditasi internasional,” ungkapnya.

Widodo menyebutkan setidaknya per tahun ini sudah ada 67 program studi yang mendapat akreditasi internasional. Sedangkan 113 program studi lainnya sudah mendapat akreditasi unggul nasional.

Baca Juga:  PCU dan Pemkot Surabaya Tangani Stunting Lewat Sekolah Orang Tua Hebat

“Kita juga aktif dalam program kampus merdeka. Banyak juga mahasiswa yang sedang mengambil kredit di universitas luar negeri,” jelasnya.

Baru-baru ini, Universitas Brawijaya sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik nasional mendapat dana hibah dari pemerintah pusat, karena prestasi-prestasinya.

“Ada competitive fund. Ada juga matching fund yang didanai Kementerian untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” paparnya.

Baca Juga:  Kemenkes Dorong Peningkatan Cakupan Layanan Kedokteran Nuklir
Baca Juga:  RS Ubaya Resmi Layani Pasien BPJS Kesehatan Mulai 1 September 2023

Pria berkacamata itu juga bangga sebab UB tampil sebagai kampus dengan pendaftar terbanyak di Indonesia. Artinya, lanjut Widodo, UB menjadi tujuan favorit bagi calon mahasiswa di Indonesia.

Di bidang keuangan, pelaporan UB juga berhasil masuk kategori penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berturut-turut sejak 2016.

“Kita juga memiliki keterbukaan informasi terbaik, termasuk meraih anugerah humas terpopuler. Terbaru, UB menjadi juara umum pekan seni mahasiswa tingkat daerah,” ucap Widodo.

Ia mengucapkan selamat kepada ratusan wisudawan yang berhasil menyelesaikan tugas studi di kampus tercinta ini. Termasuk selamat untuk para orang tua mahasiswa.

“Khusus bagi yang wisuda sarjana, mohon mengembangkan pribadi terus belajar. Kalau ingin lanjut S2 S3 bisa mencari perguruan tinggi terbaik dunia di luar negeri. Atau kalau mau di Indonesia, tetap studi di UB karena sebagian besar prodi kita terakreditasi internasional,” terangnya.

Universitas Brawijaya juga memiliki program Double Degree, sehingga mahasiswa bisa mendapat gelar double dari UB dan kampus luar negeri.

“Semoga diberi kemudahan menapaki dunia dan berkarir dengan hasil yang gemilang,” pungkasnya. (abs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *