Gelar Business Matching 2023, PCU Hadirkan 15 Startup Binaan

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Sentra Inovasi dan Kewirausahaan Petra Christian University (SIK PCU) Surabaya menggelar Business Matching 2023.

Bekerja sama dengan Politeknik Negeri Malang (Polinema) dan Rumah Inovasi Pasila, PCU menghadirkan 15 startup binaan dan mempresentasikan produknya di hadapan para investor.

Kepala SIK PCU Surabaya, Felix Pasila, mengatakan, ada sembilan startup dari PCU dan enam dari Polinema.

Sebelumnya, startup dari PCU ini telah melewati masa inkubasi kurang lebih satu hingga dua tahun.

Baca Juga:  Unesa Pecahkan Rekor MURI, Deklarasi Anti Perundungan Lewat Video Terbanyak

“Business matching ini merupakan pertemuan para startup pilihan dengan investor potensial. Harapannya, ada ide atau gagasan yang kemudian terbentuk menjadi kerja sama komersialisasi produk inovasi,” ujar Felix di Surabaya, Senin (21/8/2023).

Felix menjelaskan, ke-15 startup founder ini juga mempresentasikan produk di hadapan para investor, termasuk menunjukkan prototype barang yang siap dipasarkan.

Di antara para investor ini, ada PJCI (Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia), Korika, Pusaka Prakasa Engineering, Profestama, CTO Miota, Surabaya Wier, SPS Coorporate, Luwes Inovasi Mandiri, dan YLabs.

Baca Juga:  7 Mahasiswa PCU Surabaya Juara 2 di Tiongkok Lewat Alat Musik Guzheng

Founder dan Chairman PJCI, Eddie Widiono bersama Presiden Korika, Hammam Riza juga memberikan sharing sebelum para peserta mempresentasikan produk-produk mereka.

“Kami memberikan sesi mengenai bagaimana membangun bisnis yang baik, business model yang sustainable, strategi mencari investor, hingga membangun karakter serta personal branding,” jelas Eddie.

Startup PCU yang hadir dalam Business Matching 2023 ini, antara lain Hypercool (alat eliminasi panas laptop gaming up to 20°C), Logic Academia (Board game untuk melatih logika dengan teknologi Artificial Reality (AR), Ngescrip (Creative and agile team who fostering young people to build creative ideas, write ‘scripts’, and make them happen).

Baca Juga:  Mahasiswa Universitas Brawijaya Bikin Aplikasi Belajar Daring

Kemudian, SeaBening (alat penjernih air laut menjadi air tawar dengan konsep mobile machine), Sistem Pemfilteran Kata (pemfilteran audio secara live untuk kata-kata kurang pantas), Trashpoint (tempat sampah baterei dan plastic berbasis AI-energi terbarukan).

Selain itu, Tutup Galon Ergonomis (tutup galon ergonomis dengan daya cengkram maksimal mudah dibuka tanpa menggunakan alat), Urotech (urinoir dengan sensor pendeteksi kesehatan), dan VR Lab (modul edukasi berbasis VR untuk membantu guru meningkatkan minat belajar siswa).

PCU juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan PJCI di bidang riset dan inovasi. PJCI merupakan perusahaan jaringan listrik dengan teknologi digital dan canggih untuk memantau dan mengelola transportasi listrik dari semua sumber pembangkit. (aci) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *