15.488 Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya Ikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru

MALANG, SURYAKABAR.com – Sebanyak 15.488 Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya (UB) mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MABA) selama tiga hari, Senin-Rabu (14-16/8/2023).

Ketua Pelaksana PK2MABA Miftakhul Cahyati, drg., Sp.PM menjelaskan, kegiatan tahun ini berbeda dibandingkan sebelumnya, karena hampir semua Maba dari 17 fakultas di UB mengikuti secara luring.

“Perbedaan secara signifikan ada pada pelaksanaannya. Tahun sebelumnya PK2MABA dihadiri secara Hybrid oleh perwakilan mahasiswa. Tahun ini full luring dengan venue utama UB Veteran dan UB Kediri yang dihadiri  mahasiswa PSDKU Kediri,” kata drg. Mifta.

Baca Juga:  320 Mahasiswa Universitas Brawijaya Turun ke Lumajang, Ini Programnya

Kegiatan PK2MABA tingkat universitas dilaksanakan pada 14-16 Agustus, dilanjutkan di fakultas pada 18-20 Agustus 2023, dan ditutup dengan pelaksanaan Open House pada 26 dan 27 Agustus 2023. Open House merupakan kegiatan berupa expo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dihadiri Maba UB.

Kegiatan PKKMB dibagi dalam 65 klaster. Di setiap klaster ada pendampingan dari mahasiswa lama.

“Semoga pelaksanaan PK2MABA kali ini berjalan lancar. Di hari pertama PK2MABA rencana mendatangkan  Jenderal TNI (Purn) Muhammad Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D., Iwan Kristanto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif SandiagaUno yang masih dalam konfirmasi.

Baca Juga:  ITS Siapkan 6.188 Mahasiswa Baru Jadi Generasi Emas Indonesia 2045

“Mereka akan datang luring, yang hadir daring adalah menteri Sandiaga Uno. Pembicara lain selama PK2MABA juga dari internal UB. PK2MABA melibatkan pembicara internal agar lebih mengenal kampusnya. Semoga Maba diberikan kesehatan agar bisa melaksanakan kegiatan di tingkat universitas dan fakultas,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Raja Brawijaya 2023 Pugoh Ananta Putra mengaku persiapan yang cukup singkat merupakan sebuah tantangan bagi timnya.

“Persiapan yang cukup singkat ini bagi saya dan tim merupakan sebuah tantangan tersendiri. Seperti layaknya permainan sepak bola. Kami sudah ada tim yang berkualitas tinggal melatih mereka,” katanya.

Baca Juga:  Unesa Kukuhkan 1.501 Wisudawan, Satu Wisudawan Raih Beasiswa di Taiwan

Mahasiswa Jurusan Sastra China tersebut mengatakan, jika di tahun sebelumnya ada pemecahan rekor MURI dilaksanakan saat PK2MABA maka tahun ini akan dilakukan pada saat Open House.

Kegiatan PK2MABA tahun ini dilaksanakan di 7 titik 11 venue, antaralain di GOR Pertamina, Sakri, UB Sport Center, Fakultas Ilmu Administrasi, Graha Medika dan Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM).

Dalam penutup, Rektor UB Prof. Widodo berpesan agar kegiatan PK2MABA bisa membekali mahasiswa karakter nasional religius, memahami keberadaan inklusif, dan menjadi mahasiswa berwawasan global serta paham terhadap pengembangan Green Campus.

“Keterlibatan mahasiswa sangat penting. Gaya hidup kita harus berubah dengan mengedepankan advokasi lingkungan agar generasi selanjutnya bisa menikmati kehidupan di masa mendatang,” katanya. (abs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *