Kuliner Sidoarjo, Nikmatnya Ikan Bandeng dan Kupang dengan Sajian Sambal Gami

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Kabupaten Sidoarjo mempunyai makanan khas berupa Ikan Bandeng dan kupang, sejenis kerang kecil. Biasanya, Ikan Bandeng dijadikan santapan dalam aneka olahan seperti Bandeng Asap, Bandeng Presto maupun otak-otak. Sedangkan Kupang umumnya disajikan dengan kuah yang biasa disebut Kupang Lontong.

Namun salah satu pemilik kedai makanan di Jalan Kombes M Duryat Sidoarjo ini membuat menu yang tak biasa. Ikan Bandeng dan Kupang dipadukan dengan sambal gami.

Ciri khas sambal ini berbahan udang kupas, cabai rawit, bawang merah, tomat, terasi garam, gula pasir dan minyak goreng yang dimasak langsung di atas cobek tanah liat di atas kompor. Lalu Ikan Bandeng dan Kupang dimasukkan ke dalamnya.

Nah, perpaduan antara makanan khas Sidoarjo dan sambal gami khas Bontang ini menghasilkan menu yang nikmat.

Baca Juga:  Tempati Gerai Baru di Sidoarjo, Mie Mapan Sajikan Mie Telur Merah Putih, Unik dan Istimewa di HUT ke-78 RI

Sang pemilik kedai, Winda mengatakan, ide Sambal Gami Bandeng dan Kupang ini berawal dari sang suami Mochamad Machbud yang pernah bekerja di Bontang, sehingga ‘akrab’ dengan sambal gami. Winda lalu memadukannya dengan Bandeng dan Kupang sebagai panganan khas Kota Delta.

“Sambal gami bandeng tanpa duri dan kupang ini baru sepekan lalu saya jual. Alhamdulillah respons dari pelanggan memuaskan,” tuturnya, Jumat (11/8/2023).

Baca Juga:  Kuliner Sidoarjo Nasi Bakar Biru Bunga Telang
Baca Juga:  Banyuwangi Gelar Dua Event Kuliner di Maret 2023

Ia memasang harga sambal gami Bandeng Rp 24 ribu, sedangkan sambal gami Kupang Rp 17 ribu. “Selain dimakan langsung di sini, banyak juga yang memesannya melalui online,” imbuh Winda.

Salah satu pelanggan adalah Budi Santosa, warga Perumahan Puri Indah, Kecamatan Sidoarjo. Ia mengaku sangat suka dengan menu ikan bandeng.

“Biasanya ya cuma digoreng, tapi dengan menu sambal gami ini rasanya semakin nikmat. Kebetulan saya juga suka pedas,” ucapnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *